Friday The 13th, Tanggal Sial yang Jadi Kisah Horor

| 13 Nov 2020 15:00
Friday The 13th, Tanggal Sial yang Jadi Kisah Horor
Friday The 13th jadi kisah sial dan horor. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Hari ini secara kebetulan sama dengan tanggal yang dipercaya sebagai tangga sial yaiitu Friday The 13th, tanggal 13 hari Jumat. Penanggalan ini jarang terjadi setiap tahun. 

Angka 13 disebut sebagai angka sial yang membawa malapetaka. Mitos ini tak hanya beredar di Indonesia, negara China bahkan Amerika Serikat juga masih percaya dengan anggapan kesialan yang dibawa oleh angka 13.

Munculnya mitos ini terjadi karena adanya banyak insiden terkait angka 13. Insiden besar terjadi pada saat peristiwa Apollo 13 yang merupakan hari gagalnya misi pendaratan di bulan oleh negara adidaya Amerika Serikat.

Munculnya mitos ini terjadi karena adanya banyak insiden terkait angka 13. Insiden besar terjadi pada saat peristiwa Apollo 13 yang merupakan hari gagalnya misi pendaratan di bulan oleh negara adidaya Amerika Serikat. Beruntung para astronot yang terlibat dalam misi itu berhasil selamat.

Insiden yang terjadi pada 13 April 1970 tersebut dipicu oleh meledaknya tangki oksigen. Microsoft pun turut menganggap angka 13 sebagai angka yang sangat sial.

Sehingga Microsoft tidak membuat versi 13 demi menghindari kesialan. Microsoft hanya membuat versi 12 yang berupa Microsoft Office 2007. Lalu Microsoft meloncat ke versi 14 untuk Microsoft Office 2010.

https://www.instagram.com/p/CHhaUots9y9/?utm_source=ig_web_copy_link

Sedangkan di Indonesia, Friday The 13th jadi horor karena hari Jumat selain disebut hari suci juga didentikkan dengan hari horor, karena di Indonesia banyak yang melakukan berbagai ritual mistis di malam Jumat. Perpaduan antara angka 13 yang kerap dianggap angka sial dengan hari Jumat membuat tanggal ini sebagai tanggal horor atau menakutkan bagi sebagian orang.

Mitos Friday The 13th akhirnya banyak diadaptasi menjadi serial dan film. Diawali pada pada tahun 80-an, popularitas franchise film Friday the 13th menambuat fenomena budaya soal Friday the 13th populer hingga saat ini. 

Rekomendasi