Fenomena Langka 'Nonuplet', Ibu di Mali Lahirkan Bayi Kembar Sembilan

Tim Editor

Ilustrasi: Ibu dan bayi. (Foto: Aditya Romansa/Unsplash)

ERA.id - Seorang wanita asal Mali telah melahirkan 9 bayi sekaligus - dua bayi lebih banyak dari yang diperkirakan dokter, demikian disebutkan oleh Kementerian Kesehatan Mali.

Halima Cisse (25) awalnya diduga bakal melahirkan tujuh bayi, sesuai dengan hasil ultrasonografi yang dilakukan di Maroko dan Mali, demikian diberitakan oleh The Guardian, (5/5/2021). Namun, ternyata para dokter tidak melihat masih ada dua janin lainnya.

Persalinan seluruh bayi tersebut dilakukan secara caesar. Cisse pun kini terhitung dalam sejumlah kecil ibu di dunia yang melahirkan sembilan bayi sekaligus, atau 'nonuplet'.

Kehamilan Cisse menjadi perhatian pemerintah Afrika barat itu. Ketika pada Maret lalu para dokter meyakini Cisse perlu ditangani tenaga spesialis, calon ibu itu pun dipindah ke Maroko. Di negara tersebut Cisse berhasil melahirkan lima bayi perempuan, dan empat bayi laki-laki.

"Ibu dan bayi-bayinya dalam kondisi baik saat ini," sebut menteri kesehatan Mali, Fanta Siby, kepada kantor berita Agence France-Presse.

Halima Cisse
Halima Cisse (25) usai melahirkan sembilan bayi kembar di Maroko. (Foto: The Guardian)

Meski begitu, juru bicara Kementerian Kesehatan Maroko Rachid Koudhari mengakui ia belum pernah menyaksikan kelahiran sembilan bayi sekaligus di rumah sakit manapun di negaranya.

Para dokter sendiri mengkhawatirkan kesehatan Cisse dan kemungkinan para bayi bisa selamat, sebut laporan media setempat. Komplikasi kesehatan yang menyertai kelahiran semacam ini biasanya berakibat fatal bagi sejumlah bayi, demikian diberitakan The Guardian.

Tag: afrika bayi kembar Maroko

Bagikan: