Pria Asal AS Menyetir Tesla Sambil Tidur, Untung Mobilnya Bisa Dihentikan Polisi

| 19 May 2021 20:46
Pria Asal AS Menyetir Tesla Sambil Tidur, Untung Mobilnya Bisa Dihentikan Polisi
Ilustrasi mobil listrik buatan perusahaan asal Amerika Serikat, Tesla. (Foto: Moritz Kindler/Unsplash)

ERA.id - Seorang pria usia 38 tahun berhasil diminta menepikan mobilnya, akhir pekan lalu, setelah ia diketahui menyetir mobil Tesla keluaran 2019 dalam kondisi tertidur dan hanya mengandalkan sistem autopilot.

Seorang deputi di Departemen Sheriff Kenosha County awalnya berada seiringan dengan mobil Tesla tersebut di dekat perbatasan negara bagian Wisconsin dan Illinois, lapor CNN, (19/5/2021), berdasarkan rilis kepolisian.

Petugas itu melihat bahwa "kepala pengemudi tertunduk dan tidak terarah ke jalan." Ia lalu mengikuti Tesla tersebut hingga hampir 2,5 km sambil menyalakan sirine, dan pengemudi pun terbangun dan menyadari ia sedang digiring menepi oleh sang polisi.

"Saya mengikuti Anda selama sekitar dua mil, dan Anda tertidur," salah satu deputi berkata demikian berdasarkan rekaman kamera seragam kepolisian yang dirilis otoritas terkait.

"Saya di sebelah Anda, saya melihat Anda, dan Anda seperti ini: mata Anda tertutup. Saya tahu Anda punya mode autopilot, namun, bila ada sesuatu yang terjadi, Anda tak bisa mengambil keputusan untuk berhenti segera."

Pengemudi itu terekam berbicara pada para deputi kepolisian bahwa ia sedang menuju tempat kerjanya saat insiden itu terjadi. Ia mengaku kecapekan tapi tidak tertidur.

Hal ini disanggah oleh salah satu petugas kepolisian tersebut.

"Seorang petugas kami menelepon Anda ketika Anda tertidur, mereka mengikuti Anda dari Illinois hingga ke Highway 50," sebut salah satu deputi. Ia mengatakan bahwa salah satu petugas memastikan bahwa pengemudi tersebut tertidur.

"Saya paham opsi autopilot itu, tapi Anda tetap harus terbangun dan mengawasi segalanya," sebut deputi kepolisian yang lain.

Polisi pun mengeluarkan surat tilang pada pengemudi itu dan menelepon jasa towing agar memindahkan mobil dari lokasi itu.

Departemen Sheriff di Kenosha County mengatakan bahwa perusahaan Tesla mewajibkan tiap pengemudi untuk tetap memegang setir setiap saat, bahkan ketika mereka mengaktifkan fitur autopilot.

"Fitur Autopilot saat ini membutuhkan pengawasan aktif pengemudi dan tidak berarti membuat kendaraan bisa bekerja sendiri," catat Tesla di situs resmi mereka.

Rekomendasi