David Beckham Beli Saham Pabrik Elektrifikasi Mobil, Berapa Total Kekayaannya di 2021?

| 03 Jun 2021 11:23
David Beckham Beli Saham Pabrik Elektrifikasi Mobil, Berapa Total Kekayaannya di 2021?
Eks pesepakbola asal Inggris, David Beckham. (Foto: Wikimedia Commons)

ERA.id - Eks pemain tengah Manchester United dan Real Madrid, David Beckham, dikabarkan membeli sejumlah saham di Lunaz, perusahaan yang bergerak di bidang elektrifikasi mobil klasik asal Inggris.

Ini melengkapi sejumlah investasi bernilai jutaan euro yang pernah digelontorkan Beckham di masa lalu.

Berdasarkan laporan The Guardian, (2/6/2021), eks pesepakbola berusia 45 tahun itu telah membeli 10 persen saham Lunaz, yang kantor pusatnya terletak di dekat sirkuit balap Silvertone. Perusahaan teknologi ini bergerak dalam hal mentransisikan mobil produksi masal ke teknologi listrik.

Contohnya, Lunaz bisa mengubah model-model klasik seperti Range Rover hingga Rolls-Royce, yang menggunakan bahan bakar fosil, menjadi mobil listrik. Dengan biaya mulai dari 245 ribu hingga 350 ribu euro (Rp4,27 miliar - Rp6,1 miliar) model-model itu bisa dielektrifikasi dengan mengganti mesin dan tangki bensin menjadi mesin dan baterai elektrik.

Yang unik dari Lunaz adalah selain mengonversi mobil klasik mewah seperti Rolls-Royce, mereka kini bersiap mengadopsi teknologi ini ke truk-truk pengangkut sampah yang perannya sangat penting di manapun. Ini terjadi ketika mesin BBM rencananya akan dilarang mulai 2030 di Inggris, memberi ruang untuk kendaraan-kendaraan listrik.

Rolls-Royce
Mobil klasik Rolls-Royce yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh perusahaan asal Inggris, Lunaz. (Foto: Lunaz Design)

Lunaz baru didirikan di tahun 2018 oleh David Lorenz dan Jon Hilton, yang menukangi aspek teknik tim Formula One Renault. Perusahaan ini berencana bisa 'menyulap' 120 mobil dalam setahun. Angka itu diharapkan bakal berkembang jadi 4.000 kendaraan di tahun 2028, sebut The Guardian.

Investasi David Beckham di perusahaan elektrifikasi mobil ini melanjutkan sejumlah transaksi di masa lalu.

Dilansir dari laman Wealthy Gorilla, pemain yang gantung sepatu pada 2013 itu telah membeli satu tim ekspansi Major League Soccer dengan harga 25 juta dolar AS.

Beckham juga berinvestasi di pabrikan ganja sintetis yang menjadi bahan produk perawatan kulit dan pemulihan atlet profesional, Cellular Goods. Dengan investasi semacam ini - ditambah sejumlah deal iklan dan produk - , seperti dilaporkan Daily Mail, Beckham pada tahun 2019 memiliki penghasilan 40 ribu euro per hari.

Lalu, berapa total kekayaan David Beckham pada 2021? Berdasarkan laman Wealthy Gorilla, total kekayaan pesepakbola legendaris itu saat ini adalah 450 juta dolar AS atau setara Rp6,43 triliun.

Beckham bukan satu-satunya orang yang berinvestasi di Lunaz. The Guardian menyebut bahwa pemegang saham sandingan pria tersebut termasuk para pemilik koran Daily Telegraph, keluarga kaya Barclay, hingga miliarder properti Reuben Brothers yang dinobatkan sebagai orang terkaya kedua di Inggris, menurut koran Sunday Times.

Rekomendasi