Stok Kentang McDonalds Ternyata Disuplai oleh Ladang Milik Bill Gates

| 14 Jun 2021 17:31
Stok Kentang McDonalds Ternyata Disuplai oleh Ladang Milik Bill Gates
Ilustrasi: French fries dari gerai fast food McDonald's. (Foto: Aliazukrina/Unsplash)

ERA.id - Bill Gates, miliarder dan mantan orang terkaya di dunia, ternyata juga individu pemilik ladang terbesar di Amerika Serikat. Bahkan, per laporan NBC, stok kentang yang dipakai gerai fast food McDonalds ternyata juga dipasok oleh ladang milik pria super kaya tersebut.

Fakta ini pertama kali diberitakan oleh NBC, (9/6/2021), di tengah isu perceraian Bill dengan istrinya, Melinda. NBC menyebut bahwa mantan suami istri itu telah menggelontorkan banyak uang untuk sektor pertanian Amerika Serikat. Dan dalam waktu kurang dari sepuluh tahun, keduanya telah memiliki 269 ribu are lahan pertanian yang tersebar di 18 negara bagian AS.

Angka luas lahan itu disebut lebih dari setengah total lahan kota New York City.

Secara lebih detail NBC mengutip data dari the Land Report pemerintahan AS dan menyebut lahan milik keluarga Gates mencakup 70 ribu are lahan di Louisiana utara - di mana keluarga itu menanam kedelai, jagung, kapas, dan padi - hingga 20 ribu are lahan di Nebraska, di mana lahan dikhususkan untuk komoditas kedelai.

Di Washington, keluarga Gates memiliki 14 ribu are lahan pertanian. Lahan ini begitu luas sampai-sampai pertanian Gates ini bisa dilihat dari luar angkasa. Dan di lahan Washington inilah ditanam kentang yang menyuplai gerai McDonalds.

Seluruh lahan tersebut dibeli keluarga Gates melalui sejumlah perusahaan yang terhubung dengan grup investasi Bill dan Melinda Gates, Cascade Investments, yang  bermarkas di Kirkland, Washington.

Nama Cascade sempat muncul dalam laporan oleh koran the New York Times yang menginvestigasi tuduhan praktek kerja yang kurang baik di perusahaan pertanian itu.

Bill dan Melinda Gates
Dokumen: Bill dan Melinda Gates, foto diambil tahun 2009. (Foto: Wikimedia Commons)

Menyusul berita perceraian Bill dan Melinda Gates - setelah pernikahan selama 27 tahun - keduanya kini dilaporkan tengah mengurus pembagian harta gono-gini, termasuk lahan yang berukuran raksasa itu.

Gates saat ini menjadi orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan mencapai 144 miliar dolar AS, atau Rp2,04 kuadriliun.

Di saat yang sama, Melinda diprediksi akan menjadi wanita terkaya di dunia setelah bercerai dengan Bill.

Rekomendasi