Pria Asal India Meninggal Dunia, Tinggalkan 39 Istri dan 94 Anak, Siapa Dia?

Tim Editor

Dokumen: Ziona Chana beserta seluruh anggota keluarga besarnya yang tinggal di negara bagian Mizoram, India. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Seorang pria asal India yang dikenal memperistri 39 wanita dan menjadi ayah bagi 94 orang anak pada Minggu, (13/6/2021), meninggal dunia di usia 76 tahun.

Dilansir dari Deutsche-Welle, pria bernama Ziona Chana itu meninggal di negara bagian Mizoram di kawasan timur laut India.

Di negara bagian tersebut nama Chana sudah cukup terkenal - semasa hidupnya ia dikenal mengepalai 'keluarga terbesar di dunia - sehingga berita wafatnya pun menjadi perhatian pejabat setempat. Zoramthanga, menteri utama Mizoram, sempat mengungkapkan duka citanya via Twitter.

Zoramthanga juga mengatakan bahwa Chana dan keluarganya adalah para sosok yang membuat desa mereka menjadi tujuan wisata setempat.

Keluarga Chana sendiri bukan sembarang keluarga. Pria itu disebut memimpin satu sekte Kristen - 'Chana pawl' - yang mengizinkan praktek poligami. Dicetuskan oleh sang ayah pada 1942, sekte ini kabarnya telah memiliki sekitar 2.000 anggota. Kebanyakan dari mereka berasal dari desa Baktawng, kampung halaman Chana.

Dikutip dari Deutsche-Welle, Ziona Chana menikahi istri pertamanya pada tahun 1959, saat ia berusia 15 tahun. Ia pernah mengaku menikahi sepuluh wanita dalam kurun waktu satu tahun. Pernikahannya yang terakhir terjadi pada 2004, kala ia menikahi seorang wanita berusia 25 tahun.

Poligami sebenarnya praktek yang dilarang oleh pemerintah federal India. Namun, negara bagian Mizoram mempersilakan sejumlah suku menjalankan praktek ini.

Dengan jumlah anggota keluarga sebanyak itu - 39 istri, 94 anak, dan puluhan cucu - keluarga Chana memilih tinggal di sebuah rumah sangat besar yang dinamai 'New Generation Home'. Rumah itu punya empat tingkat dan memiliki seratus ruangan. Para istri tinggal di 'asrama' di samping kamar Chana, sang kepala keluarga. Warga lokal meyakini Chana suka didampingi tujuh hingga delapan istrinya setiap tidur.

Rumah keluarga Ziona Chana
Rumah keluarga Ziona Chana, berupa gedung empat lantai yang memiliki seratus ruangan. (Foto: DPA)

Besarnya keluarga Chana yang konon berjumlah total 167 anggota keluarga, termasuk para cucu,  telah diakui sejumlah organisasi. Namun, keluarga unik ini masih bisa ditandingi oleh sebuah keluarga di Kanada: keluarga Winston Blackmore, penganut sekte Mormon yang disebut menjadi bapak dari 150 anak dari 27 istrinya.

Pada 2011, Chana pernah berujar pada kantor berita Reuters, "Saya siap memperbesar keluarga saya dan menikah lagi. Ada banyak orang yang perlu saya perhatikan dan kasihi, dan saya merasa diri saya orang yang beruntung."

Media lokal India menyebutkan komplikasi diabetes dan tekanan darah tinggi menjadi penyebab kematian pria asal India tersebut.

Tag: keluarga berencana india Poligami

Bagikan: