Warga Afrika Selatan Yakin Temukan Ladang 'Berlian', Ahli Geologi Skeptis

Tim Editor

Warga memadati sebuah tanah lapang di Kwa-Zulu Natal, Afrika Selatan, yang disebut-sebut memiliki kandungan batu berlian. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah dusun kecil di Afrika Selatan tiba-tiba didatangi ribuan orang setelah muncul kabar di tempat tersebut seseorang menemukan batuan mirip kristal.

Dilansir dari CBS News, (16/6/2021), berita bermula dari seorang penggembala yang menggali tanah di sebuah tanah lapang di desa KwaZulu Natal. Ia lantas menemukan suatu batuan yang ia rasa adalah batuan mulia.

Berita berhembus dengan cepat, dan pekan ini tempat penggalian si penggembala telah jadi medan perburuan harta karun. Rumor yang beredar adalah orang-orang dari berbagai penjuru Afrika Selatan datang ke situ untuk mencari 'berlian'.

"Saya dengan orang-orang menggali berlian di sini, lalu saya berkata, 'Ah, ijinkan saya ke sana juga dan mencoba,'" ucap seseorang bernama Mduduzi Maphumulo, kepada CBS News, seraya berhenti sebentar dari penggaliannya.

Sebagian besar dari warga tersebut tak tahu-menahu seperti apa penampakan batuan berlian. Kebanyakan dari mereka bahkan tak pernah melihat berlian dalam bentuk jadi.

Afrika memang memiliki ladang berlian. Namun, kawasan KwaZulu Natal - di area pesisir barat daya benua Afrika - selama ini tidak dikenal sebagai produsen batu mulia tersebut. Para pakar geologi yang datang ke tempat tersebut, sebagai utusan pemerintah, pun skeptis bahwa bebatuan yang ditemukan warga sungguh-sungguh berlian. Laporan France24 menyebut bebatuan tersebut lebih mirip batu kuarsa - yang nilainya jauh lebih rendah - alih-alih berlian.

Sampel batuan kini telah dikumpulkan tim geologi tersebut dan hasil analisa baru akan keluar pada pertengahan Juli, sebut France24.

Fakta belum pastinya kualitas batuan di KwaZulu itu toh tidak menyurutkan niat para warga untuk datang.

"Jika ini benar-benar berlian, ini akan sangat membantu saya dan keluarga saya, karena setiap orang saat ini mendambakan stabilitas finansial. Dan setiap orang perlu terus berusaha," sebut pemburu berlian lainnya, dikutip CBS News.

Tag: afrika harta karun Afrika Selatan berlian

Bagikan: