Kabar Baik! Dulu Porak Poranda Karena Corona, Italia Kini Umumkan Bebas COVID-19

| 28 Jun 2021 18:07
Kabar Baik! Dulu Porak Poranda Karena Corona, Italia Kini Umumkan Bebas COVID-19
Italia (Dok. Euronews)

ERA.id - Pemerintah Italia mengumumkan seluruh wilayah negaranya telah menjadi zona hijau atau bebas dari penyebaran wabah Covid-19.

Karenanya, pemerintah Italia mengizinkan warganya untuk melepas masker di area publik.

Situs Seperti dikutip dari Euronews, Senin (28/6/2021) Februari 2020, dan sempat mengalami darurat Covid-19.

Kementerian Kesehatan Italia melaporkan, untuk pertama kalinya mengklasifikasikan semua wilayah negara sebagai "putih", yang menandakan resiko rendah Covid-19.

Klasifikasi tersebut juga berarti penggunaan masker tidak lagi diwajibkan bagi seluruh warga saat berada di area publik.

Adapun kabar gembira itu datang saat negara tersebut menyambut gelombang panas yang diperkirakan akan mencapai suhu 40 derajat celcius di beberapa wilayah selatan minggu ini.

Pernah menjadi simbol krisis virus Covid-19 di Eropa, Italia mengalami penurunan infeksi dan kematian Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir.

Sementara itu, sepertiga penduduk Italia di atas usia 12 tahun sudah divaksinasi pada Minggu. Menurut data pemerintah, masyarakat yang sudah divaksinasi mencapai 17.572.505 orang.

Lama dilarang memasuki negara Italia, turis dari Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang sekarang mulai berdatangan setelah pemerintah menghapus persyaratan karantina bagi pengunjung yang sudah divaksinasi, atau mereka yang hasil tesnya negatif.

Walaupun ada kemajuan, Menkes Italia Roberto Speranza mendesak warganya untuk tetap mewaspadai Covid-19.

"Ini hasil yang menggembirakan, tetapi kehati-hatian dan kewaspadaan masih diperlukan. Terutama karena ada varian baru," tutur Speranza.

"Pertempuran belum dimenangkan oleh kita,” ucapnya.

Sekadar informasi, di Italia, lebih dari 127 ribu orang telah meninggal karena Covid-19. Sedangkan, lebih dari 4 juta orang telah terinfeksi virus itu sejak tahun lalu.

Rekomendasi