NFT Kode Program Asli Internet Terjual dengan Harga Rp78,27 Miliar

Tim Editor

Tangkapan layar dari rangkaian kode pemrograman 'world wide web' yang dibuat Tim Berners-Lee. (Foto: Sotheby's)

ERA.id - Kode pemrograman orisinal internet, ditulis oleh ilmuwan Tim Berners-Lee pada 1989, berhasil terjual sebagai non-fungible token (NFT) dengan harga 5,4 juta dolar AS atau setara Rp78,27 miliar dalam lelang hari Rabu, (30/6/2021).

NFT adalah aset kripto yang mencatat kepemilikan atas sebuah benda digital. Jenis aset yang diperdagangkan menggunakan sistem yang sama dengan mata uang kripto (bitcoin hingga ethereum) ini tengah jadi primadona di industri kreatif karena pelelangan karya seni, musik, bahkan meme dalam bentuk NFT bisa menembus nilai miliaran rupiah.

Untuk NFT kode pemrograman 'world wide web' sendiri, dilansir dari The Guardian, dibuat oleh Berners-Lee pada 2021. Aset ini mencakup kepemilikan sejumlah benda digital termasuk kode pemrograman asli internet yang dibuat tahun 1989.

NFT yang dilelang secara online oleh rumah lelang Sotheby pada Rabu ini dianggap sangat berharga, dan tidak ada duanya, karena benar-benar dibuat sendiri, dan diautentikasi langsung, oleh Berners-Lee.

"Simbolisme, sejarah, dan fakta bahwa (aset) ini datang dari penciptanya langsung membuat item ini sangat berharga, dan ada banyak orang di luar sana yang mengoleksi benda-benda (eksklusif)," kata Cassandra Hatton, kepala bagian ilmu pengetahuan dan budaya pop di Sotheby's, dikutip The Guardian.

Dalam paket NFT ini, pemilik akan memiliki seluruh 9.555 baris kode pemrograman yang ditulis tahun 1990-1991, visualisasi sepanjang 30 menit atas 'koding' tersebut, poster digital yang merepresentasikan koding itu, dan surat digital yang ditulis oleh Berners-Lee pada Juni 2021.

Surat dari Berners-Lee dimulai dengan pernyataan, "Orang-orang tampak menyukai buku yang tertandatangani, dan saat ini kita punya teknologi NFT. Saya rasa menyenangkan bila membuat salinan yang tertandatangani dari perambah internet pertama di dunia."

Lelang NFT ini menjadi peristiwa lelang terbaru di bidang aset kripto. Bulan Maret lalu, untuk pertama kalinya dalam sejarah sebuah rumah lelang - Christie's di London - melelang karya seni digital yang tak punya wujud fisik. Kala itu yang dilelang adalah karya kolase digital dari seniman asal Amerika, Beeple, yang terjual di angka 69,3 juta dolar AS.

Tag: internet mata uang kripto aset digital nft Tim Berners-Lee

Bagikan: