Habis Dikritik, TV Korea Selatan MBC Akhirnya Minta Gara-Gara Pakai Ilustrasi Tak Wajar untuk Tayangan Olimpiade Tokyo 2020

Tim Editor

Tayangan Olimpiade Tokyo (Screenshot MBC)

ERA.id - Jaringan TV Korea Selatan, MBC meminta maaf setelah menuai kritik akibat menggunakan ilustrasi atau ikon dan keterangan negara yang ditampilkan dalam siaran upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Pada tayangan tersebut MBC menggunakan pizza untuk mewakili Italia, kerusuhan untuk Haiti, Chernobyl untuk Ukraina, dan ikan salmon untuk Norwegia. Dalam keterangan untuk Kepulauan Marshall, MBC menyebutkannya sebagai yang "pernah menjadi situs uji coba nuklir untuk Amerika Serikat".

Selanjutnya, kontingen Italia Olimpiade Tokyo 2020 Dikarantina Lalu, Suriah sebagai negara yang memiliki "perang saudara yang berlangsung selama 10 tahun".

Daftarkan email Ikon dan keterangan itu dimunculkan ketika atlet dari negara-negara tersebut masuk ke stadion dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, pada Jumat (23/7/2021) malam waktu setempat.

Setelah tayangan itu dikritik habis-habisan secara online, MBC mengeluarkan mermohonan maaf.

“Gambar dan keterangan yang tidak pantas digunakan untuk memperkenalkan beberapa cerita. Kami meminta maaf kepada negara-negara tersebut termasuk Ukraina dan pemirsa kami,” ujar pihak MBC, seperti yang dilansir Korea Times, Minggu (25/7/2021).

Seperti diketahui, upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan di tengah kekhawatiran pandemi Covid-19. Sehingga, menerapkan sejumlah aturan pembatasan Covid-19, yang membuat suasana lebih senyap dibanding tahun-tahun sebelumnya yang meriah.

Namun, upacara tetap diselenggarakan dengan harapan, tradisi, dan gerakan kebersamaan. Superstar global di dunia olahraga dari Jepang, Naomi Osaka ditunjuk untuk menyalakan kuali Olimpiade Tokyo 2020, yang menandai dimulainya acara kejuaraan olahraga terbesar di dunia itu.

Tag: Olimpiade Tokyo 2020

Bagikan: