Sejarah Baru Gereja di AS, Mengangkat Uskup dari Kalangan Gay

Tim Editor

Uskup Megan Rohrer (empat dari kiri) menjadi uskup gay pertama di gereja Evangelical Lutheran di AS. (Foto: Kristen Kuempel/Twitter)

ERA.id - Sebuah gereja Lutheran di San Fransisco, Amerika Serikat, untuk pertama kalinya menunjuk seorang pastor gay menjadi uskup.

Gereja Evangelical Lutheran in America melakukan upacara pentahbisan uskup gay tersebut di gereja Grace Cathedral, Sabtu, (11/9/2021), seperti diberitakan di Associated Press.

Sang uskup baru, Megan Rohrer, nantinya akan mengatasi 65 sinode dan 200 kongregasi di kawasan California utara dan Nevada utara.


Kepada para jemaat, melansir AP, Rohrer mengaku ia berharap untuk bisa membagikan cinta dan "untuk bisa mencintai apa yang Anda cintai".

"Saya menerima peran ini karena komunitas Lutheran yang beragam di Northern California dan Nevada dengan penuh doa dan penuh hikmat telah memilih untuk melakukan suatu hal yang bersejarah," sebut Rohrer dalam sebuah pernyataan tertulis.

"Penunjukan saya ini akan merayakan semua hal yang mungkin dilakukan ketika kita mempercayai Tuhan sebagai penggembala kita."

Rohrer terpilih pada Mei dan bakal memegang jabatan uskup Sinode Sierra Pacific selama enam tahun. Dipilihnya uskup baru terjadi setelah uskup sebelumnya mengundurkan diri.

Rohrer, yang menggunakan sebutan netral 'they' dalam bahasa Inggris, sebelumnya bertugas sebagai pastor di gereja Grace Lutheran di San Fransisco. Ia juga menjadi koordinator kapel departemen kepolisian kota San Fransisco, serta membantu pelayanan bagi kaum tunawisma dan komunitas LGBTQ.

Ia belajar ilmu agama di Augustana University di South Dakota, AS, sebelum pindah ke California untuk mengambil studi tingkat S2 dan S3 di Pacific School of Religion, di Berkeley.

Komunitas gereja Evangelical Lutheran sendiri telah memiliki tujuh pastor dari kalangan LGBTQ sejak 2010, setelah komunitas tersebut - salah satu komunitas Kristiani terbesar di AS dengan 3,3 juta jemaat -  memperbolehkan pentahbisan pastor dari kalangan sesama jenis.

Berbeda dengan Gereja Katolik Roma yang mewajibkan seluruh pastor untuk tidak menikah dan membaktikan hidup pada pelayanan, sejumlah denominasi gereja Kristen memperbolehkan pastornya untuk menikah. Rohrer sendiri sudah menikah dan memiliki dua anak.

Megan Rohrer bukanlah uskup gay pertama dalam sejarah Amerika Serikat. Sebelunya, Vicky Gene Robinson, mantan uskup dari Episcopal Diocese of New Hampshire, telah dikenal sebagai uskup gay pertama di AS. Ia diangkat menjadi uskup diosesan gereja tersebut pada Maret 2004.

Tag: gay amerika serikat

Bagikan: