Setelah Beyonce, Giliran RuPaul Selebritas yang Dijadikan Nama Lalat Eksotis

Tim Editor

Penampakan dari atas dari spesies lalat tentara bernama Opaluma rupaul. (Foto: CSIRO Australia)

ERA.id - Sejumlah ilmuwan di badan ilmu pengetahuan Australia (CSIRO) mengumumkan bahwa sebuah spesies lalat tentara yang terkenal oleh warnanya yang mengilap sejak sekarang memiliki nama Opaluma rupaul.

Nama ini merupakan sebuah penghormatan terhadap bintang seniman transgender, RuPaul, demikian diberitakan di NPR, (15/9/2021).

Bryan Lessard, pakar serangga CSIRO dan peneliti di National Research Collections Australia, mengakui mendapat inspirasi nama spesies lalat eksotis itu saat menonton acara Drag Race yang dipandu oleh RuPaul.


Kepada koran The Guardian, Lessard meyakini bahwa penampilan lalat dari genus Opaluma asli Australia bakal menyaingi penampilan RuPaul di atas catwalk.

"Lalat ini memiliki kostum berwarna pelangi metalik mengilap, dan memiliki kaki. Saya rasa jika RuPaul melihat lalat ini, ia akan menyadari betapa tegas penampilannya dan akan mendukung penamaan itu," sebut Lessard.

RuPaul disebutkan tidak memberi komentar atas penamaan ilmiah itu, namun, ia membagikan berita ini di akun Twitternya.

Opaluma rupaul merupakan pesies ke-50 yang diberi nama oleh Lessard. Nama spesies pertama yang ia buat adalah Scaptia Beyonceae, yang ia buat pada 2011 sebagai bentuk penghormatan pada Beyonce, seperti ia ceritakan di The Guardian.

Lessard berharap nama-nama budaya pop bisa membantu menarik perhatian masyarakat terhadap spesies yang kini rentan terancam eksistensinya. Lewat rilis CSIRO, ia menyebut bahwa spesies lalat yang ia beri nama akhir-akhir ini berasal dari kawasan yang dilalap oleh kebakaran hutan.

 
 

 

 

Tag: australia Beyonce RuPaul

Bagikan: