Facebook Tindak Tegas Penjualan Ilegal Hutan Amazon di Platform-nya

| 11 Oct 2021 11:40
Facebook Tindak Tegas Penjualan Ilegal Hutan Amazon di Platform-nya
Jual tanah amazon di facebook (instagram/amazonianforest)

ERA.id - Media sosial raksasa Facebook akan menindak tegas para pengguna yang memakai platform tersebut untuk tindakan ilegal. Facebook akan menindak pengguna yang dengan sengaja menjual sebidang tanah besar di hutan hujan Amazon.

"Hari ini, kami mengumumkan langkah-langkah untuk mengekang upaya untuk menjual tanah di kawasan konservasi ekologis di dalam hutan hujan Amazon di Facebook (FB) Marketplace," kata Facebook, dikutip BBC, Senin (11/10/2021).

Lalu, kata Facebook, platform-nya akan memperbarui kebijakan perdagangan yang bersifat melarang penjualan atau pembelian tanah di platformnya, termasuk Instagram dan WhatsApp. Larangan ini diperuntukkan bagi konservasi ekilogis.

Pengumuman tentang larangan sekaligus penindakan tegas itu muncul beberapa bulan setelah penyelidikan yang dilakukan oleh BBC. Dalam penyelidikan itu, tim BBC menemukan sebidang tanah yang luas, termasuk beberapa yang mencakup ratusan hektar di dalam hutan nasional, tersedia untuk dibeli di Facebook Marketplace.

Dari penyelidikan tersebut, Facebook mengatakan telah berkonsultasi dengan Program Lingkungan PBB (Unep) dan organisasi lain untuk mengambil langkah awal dalam mencoba mengatasi masalah tersebut.

"Kami sekarang akan meninjau daftar di Facebook Marketplace terhadap database otoritatif organisasi internasional tentang kawasan lindung untuk mengidentifikasi daftar yang mungkin melanggar kebijakan baru ini," kata perusahaan asal California itu.

Untuk menangkap penjual kriminal, Facebook menggunakan database yang dikelola oleh Pusat Pemantauan Konservasi Dunia Unep adalah database yang paling "komprehensif" dari jenisnya dan diperbarui setiap bulan menggunakan laporan dari "berbagai pemerintah dan lembaga lainnya".

Tetapi pengacara dan ilmuwan Brasil Brenda Brito mempertanyakan efektivitas proposal Facebook, dengan mengatakan, "Jika mereka tidak mewajibkan penjual untuk memberikan lokasi area yang dijual, segala upaya untuk memblokirnya akan cacat,"

"Mereka mungkin memiliki database terbaik di dunia, tetapi jika mereka tidak memiliki referensi geo-lokasi, itu tidak akan berhasil," tambahnya.

Dalam penyelidikannya, BBC menemukan beberapa iklan menampilkan gambar satelit dan koordinat GPS, tetapi tidak semuanya membagikan tingkat informasi tersebut.

Facebook mengatakan kepada BBC bahwa mereka tidak bermaksud meminta penjual untuk memposting lokasi yang tepat dari tanah yang diiklankan.

"Kami tahu tidak ada 'peluru perak' dalam topik ini dan kami akan terus bekerja untuk mencegah orang-orang menghindari pemeriksaan kami," kata juru bicara perusahaan.

Hutan hujan Amazon menempati 7,5 juta km persegi dan mencakup lebih dari tujuh negara, termasuk Peru, Ekuador, dan Kolombia. Sekitar 60 persen dari hutan hujan Amazon berada di Brasil di mana tingkat deforestasi berada pada tingkat tertinggi dalam 12 tahun.

Pengumuman itu datang pada akhir minggu yang sangat sulit bagi Facebook, dengan perusahaan menghadapi pengawasan ketat dari anggota parlemen setelah kesaksian pelapor Frances Haugen di Senat tentang kerugian yang disebabkan platformnya dan pemadaman besar-besaran layanan utamanya pada hari Senin.

Rekomendasi