Info Umrah Hari ini, Arab Saudi Resmi Buka Keberangkatan untuk Jemaah Indonesia Mulai Rabu Depan

Tim Editor

Ilustrasi Umrah (Haramain)

ERA.id - Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan jemaah umrah dari Indonesia, India, Pakistan dan beberapa negara lain mulai 1 Desember 2021 mendatang. Izin masuk ke Arab Saudi juga berlaku untuk turis dan ekspatriat.

Seperti dikutip dari Saudi Gazette, Jumat (26/11/2021), Arab Saudi mengizinkan masuk langsung pelancong dari Indonesia, Pakistan, Brasil, Vietnam, Mesir, dan India mulai Rabu depan, 1 Desember.

Menurut otoritas Saudi, penumpang harus memberikan rincian vaksinasi COVID mereka sebelum perjalanan selain juga mendapatkan suntikan booster dari vaksin COVID yang disetujui oleh otoritas Arab Saudi.


Selain itu, jemaah juga harus menjalani lima hari karantina setelah tiba dan tes PCR yang berlaku 3 hari sebelum masuk wilayah Arab Saudi.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas menggelar pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah membahas mengenai umrah bagi jemaah asal Indonesia, di Mekah, Arab Saudi, Senin (22/11/2021). Menag mengatakan, pembicaraan dengan otoritas haji dan umrah Arab Saudi mengalami kemajuan yang menggembirakan.

“Alhamdulillah, hari ini saya bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Mekahh. Menteri Tawfiq mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah,” ujar Yaqut usai pertemuan.

Menag mengungkapkan, hasil pertemuannya dengan Menteri Haji Saudi cukup progresif dan efektif. Hal itu tidak terlepas dari pertemuan pendahuluan yang telah dilakukan oleh tim dari Kementerian Agama (Kemenag) dengan Wakil Menteri Haji Arab Saudi.

“Kita sangat berharap semoga hal itu (pelaksanaan umrah bagi jemaah Indonesia) tidak lama lagi,” ujarnya.


Tag: umrah syarat umrah

Bagikan: