Saking Kayanya, Miliarder di Asia Beli Hotel di New York Seharga Rp1,4 Triliun, Total Hartanya Bikin Melongo

| 17 Jan 2022 19:57
Saking Kayanya, Miliarder di Asia Beli Hotel di New York Seharga Rp1,4 Triliun, Total Hartanya Bikin Melongo
Mukesh Ambani akuisisi Mandarin Oriental Hotel (instagram/ambanifamily)

ERA.id - Miliarder terbesar di Asia, Mukesh Ambani mengambil alih saham dari hotel mewah yang terletak di New York. Ambani membeli Mendarin Oriental seharta 98 juta dolar atau Rp1,4 triliun.

Pengusaha sekaligus konglomerat asal India itu resmi mengakuisisi perusahaan induk hotel yang berbasis di Cayman Islands, yang dikendalikan oleh Investment Corporation of Dubai. Melalui perusahaannya, Reliance Industries, Ambani menjadi pemegang saham terbesar di properti tersebut yang mencapai 73,4 persen.

Kesepakatan itu diharapkan bisa selesai pada akhir Maret 2022. Reliance mengatakan akan berencana untuk mengakuisisi sisa saham berdasarkan penilaian yang sama bila pemilik hotel lain memilih untuk menjual saham mereka.

Investment Corporation of Dubai tercatat mengambil alih gedung tersebut pada tahun 2015. Pada Maret lalu, Mandarin Oriental Hotel Group masih memiliki 25 persen saham.

Tercatat angka penjualan yang diperoleh Ambani merupakan harga diskon yang fantastis. Sebab menurut laporan pemegang saham tahun 2007, properti Mandarin Oriental bernilai 340 juta dolar (Rp4,8 triliun).

Sama seperti kebanyakan hotel yang ada, Mandarin Oriental dilanda kerugian akibat adanya pandemi Covid-19. Menurut laporan CNN, dalam pengajuan bursa saham Reliance mengatakan bahwa hotel New York hanya menerima 15 juta dolar (Rp214 miliar) sepanjang tahun 2020.

Angka tersebut tentu turun drastis dari tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai keuntungan hingga 115 juta dolar (Rp1,64 triliun) di tahun 2018, dan 113 juta dolar (Rp 1,61 triliun) di tahun 2019.

Sebagaimana dikethui Mandarin Oriental Hotel merupakan hotel ikonik, yang terletak di dekat Central Park dan menghadap ke Columbus Circle.

Hotel ini memiliki 248 kamar dan suite di Colombus Circle, yang merupakan salah satu penginapan mewah di kota Manhattan. Hotel ini bahkan sering dikunjungi oleh sejumlah selebriti Hollywood hingga miliarder.

Konglomerat Ambani sebelumnya dikenal sebagai pebisnis di bidang energi, ritel, dan teknologi. Namun belakangan ini dia ingin merambah bisnis di bidang properti yang bisa berhubungan langsung dengan konsumen.

Sejauh ini dia telah memiliki sejumlah properti mewah di India, Inggris Raya, dan di tempat lain. Tercatat Reliance memiliki kepemilikan Hotel Oberoi, kumpulan risor bintang lima di seluruh India dan enam negara lainnya. Tidak hanya itu saja, dia juga menjadi pemilik dari Stoke Park, country club Inggris yang terkenal.

Menurut indeks Bloomberg Billioners, kekayaan pribadi Ambani meloncak dalam beberapa bulan terakhir dan mencapai 92,9 miliar, dan menjadikannya orang terkaya di India dan orang terkaya kesebelas di dunia.

Rekomendasi