Ditetapkan sebagai PM Baru Inggris, Berikut Harta Kekayaan Rishi Sunak, Disebut-sebut Lebih Tajir dari Keluarga Kerajaan Inggris

| 25 Oct 2022 18:15
Ditetapkan sebagai PM Baru Inggris, Berikut Harta Kekayaan Rishi Sunak, Disebut-sebut Lebih Tajir dari Keluarga Kerajaan Inggris
Rishi Sunak. (Wikimedia Commons/HM Treasury and The Rt Hon Rishi Sunak MP)

ERA.id - Kemunduran Liz Truss dari jabatan ketua Partai Konservatif belum lama ini resmi digantikan oleh Rishi Sunak. Dengan demikian, Rishi Sunak otomatis akan ditetapkan sebagai pria Inggris berdarah Asia pertama yang memegang tampuk kepemimpinan negara tersebut.

Liz Truss dan Rishi Sunak (Wikimedia Commons/Chris McAndrew)

Selain itu, Rishi Sunak juga merupakan perdana menteri termuda pertama dalam kurun waktu lebih dari 200 tahun terakhir. Walaupun masih berusia muda, ternyata Rishi Sunak bukanlah sosok yang bisa disepelekan.

Hal ini dikarenakan Sunak sendiri merupakan salah satu crazy rich Inggris yang menyimpan harta kekayaan lebih banyak ketimbang anggota keluarga kerajaan Inggris itu sendiri.

Dilansir dari Washington Post, bahkan saking banyaknya harta yang Rishi Sunak punya, mengundang banyak pertanyaan dari orang-orang, apakah kekayaannya yang melimpah menjadikannya terlalu kaya untuk menjadi perdana menteri.

Namun, bagaimanapun para pendukungnya menyebutkan bahwa latar belakangnya sebagai kanselir dan tahun-tahun yang dijalaninya untuk menghasilkan uang membuatnya memenuhi syarat untuk memimpin Inggris yang pada hari ini sedang dilanda krisis.

Kekayaan Rishi Sunak dan Istri

Rishi Sunak dan istrinya Akshata Murty diketahui memiliki kekayaan sekitar US$ 830 juta atau senilai dengan Rp12,11 triliun.

Padahal berdasarkan daftar keuangan yang dikeluarkan sebelum kematiannya, Ratu Elizabeth II diprediksi mempunyai kekayaan sekitar US$ 420 juta atau senilai Rp6,13 triliun.

Dari perbandingan tersebut, terlihat bahwa harta kekayaan Sunak hampir dua kali lebih tinggi dari harta yang diturunkan oleh Ratu Elizabeth II kepada keluarga kerajaan.

Adapun terkait asal-usul harta kekayaan dari pasangan itu diketahui berasal dari saham Murty di perusahaan ayahnya. Selain itu, mereka juga mempunyai inkubator start-up Catamaran Ventures UK dan memegang saham di sekitar setengah lusin perusahaan lainnya.

Rishi Sunak pernah tercatat dalam jajaran Daftar Orang Terkaya Inggris oleh Sunday Times. Mengenai tempat tinggal, ia juga hampir menyaingi Raja. Mantan menteri keuangan Inggris ini tercatat menguasai empat properti yang ada di seluruh dunia dengan total nilai lebih dari £15 juta atau sekitar Rp260 miliar.

Sedangkan ia bersama istri dan juga kedua anaknya, Krishna dan Anoushka, menjalani sebagian besar akhir pekan di rumah mewah yang berisi lima kamar tidur. Rumah ini berlokasi di Kensington, London Barat. Agen real estate memperkirakan properti tersebut bernilai lebih dari £7 juta atau Rp120 miliar.

Latar Belakang Istri Rishi Sunak

Sunak dengan keluarganya juga mempunyai rumah bangsawan Georgia yang terdaftar sebagai Grade II di desa Kirby Sigston, Richmond, North Yorkshire. Rumah itu dibeli dengan harga £1,5 juta (Rp26 miliar) sebelum pada tahun 2015 dirinya ditetapkan menjadi anggota parlemen.

Selain itu, keluarga Sunak pun memiliki flat atau sejenis apartment di Old Brompton Road di London barat yang digunakan untuk mengunjungi keluarga. Selain itu, ia juga memiliki penthouse pantai Santa Monica seharga £5,5 juta atau sekitar Rp97 miliar.

Diketahui, sebagian besar kekayaan Sunak berasal dari istrinya yang memiliki latar belakang sebagai putri seorang miliarder perangkat lunak di India. Hal ini juga sedang  menjadi pembicaraan yang hangat, setelah dirinya diresmikan sebagai PM Inggris yang baru.

Demikianlah ulasan tentang kekayaan Rishi Sunak, PM Inggris yang baru saja disahkan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi