Situasi Terkini Perang Rusia VS Ukraina, Dubes: Rusia Alami Kekalahan, 5 Pesawat dan 2 Helikopter Berhasil Ditembak Jatuh

| 25 Feb 2022 06:13
Situasi Terkini Perang Rusia VS Ukraina, Dubes: Rusia Alami Kekalahan, 5 Pesawat dan 2 Helikopter Berhasil Ditembak Jatuh
Duta Besar Ukraina untuk RI (Dok Pemprov Jateng)

ERA.id - Duta Besar Ukraina di Indonesia Vasyl Hamianin menyatakan kondisi di negaranya terkendali, bahkan Rusia telah mengalami sejumlah kekalahan saat melakukan invasi.

Dia mengatakan lima pesawat tempur dan dua helikopter milik angkatan udara Rusia telah ditembak jatuh oleh tentara Ukraina.

Selain itu, dua tank dan juga sejumlah kendaraan truk milik Rusia juga berhasil dihancurkan.

Vasyl menegaskan yang dilakukan tentaranya merupakan aksi membela diri yang diatur oleh hukum internasional.

"Masyarakat Ukraina tidak panik, kami mempersiapkan hal ini," jelas Dubes Ukraina untuk Indonesia dalam konferensi persnya pada Kamis (24/02/2022).

Ukraina juga menyatakan akan terus melawan Rusia hingga mendapatkan kemenangan.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengerahkan pasukannya untuk menggelar operasi militer khusus di wilayah Donbass Ukraina pada Kamis dini hari.

Putin pun meminta kepada militer Ukraina agar mereka menjatuhkan senjata dan pulang ke rumah.

Melalui pidato khusus yang disiarkan stasiun TV pemerintah Rusia, Putin mengatakan Rusia tidak mempunyai pilihan selain membentengi diri terhadap apa yang disebutnya sebagai ancaman dari Ukraina modern.

Belum diketahui pasti bagaimana cakupan operasi militer Rusia.

Tags :
Rekomendasi