Puing Pesawat China Eastern Airlines Ditemukan, Penyelamat Belum Temukan Satu pun Penumpang

| 22 Mar 2022 14:21
Puing Pesawat China Eastern Airlines Ditemukan, Penyelamat Belum Temukan Satu pun Penumpang
China eastern airlines (instagram/chinaeasternna)

ERA.id - Puing-puing pesawat dari China Eastern Airlines berhasil ditemukan oleh regu penyelamat, Selasa (22/3/2022). Namun 132 penumpang di dalam pesawat belum ditemukan satu pun oleh regu penyelamat.

Melalui media pemerintah diumumkan bahwa tim berhasil menemukan puing-puing dari pesawat China Eastern Airlines di lereng gunung berhutan usai kecelakaan. Tetapi setelah lebih dari 18 jam sejak kecelakaan terjadi, tidak satu tubuh penumpang pun berhasil ditemukan.

"Puing-puing pesawat ditemukan di tempat kejadian, tetapi sampai sekarang, tidak ada satu pun dari mereka yang kehilangan kontak telah ditemukan," kata penyiar negara CCTV, dikutip AP, Selasa (22/3/2022).



Boeing 737-800 yang membawa 123 penumpang dan sembilan awak kru jatuh di dekat kota Wuzhou di wilayah Guangxi usai lepas landas dari Kunming di provinsi barat daya Yunnan, Guangzhou.

Menurut laporan media Xinhua, kecelakaan itu menciptakan lubang yang dalam di lereng gunung. Laporan itu mengatakan drone dan pencarian manual akan digunakan untuk mencoba menemukan kotak hitam, yang menyimpan data penerbangan dan perekam suara kokpit yang penting untuk investigasi kecelakaan.

Sebuah pangkalan operasi didirikan di dekat lokasi kecelakaan dengan kendaraan penyelamat, ambulans dan truk catu daya darurat yang diparkir di tempat yang sempit. Sayangnya kondisi lereng yang curam membuat penentuan posisi alat berat menjadi sulit untuk diletakkan.

Dalam catatan FlightRadar24, China Eastern Flight 5735 terbang pada ketinggian 29.000 kaki (8.840 meter) ketika memasuki penyelaman yang curam dan cepat sekitar pukul 14.20 waktu setempat.

Pesawat jatuh ke ketinggian 7.400 kaki (2.255 meter) sebelum naik kembali ke ketinggian sekitar 1.200 kaki (370 meter), lalu terjun lagi. Pesawat berhenti mengirimkan data 96 detik setelah mulai terjatuh.

Sementara itu, anggota keluarga korban dari penumpang terlihat berkumpul di bandara Guangzhou. Mereka juga terlihat dikawal ke pusat penerimaan yang didampingi oleh karyawan dengan pakaian APD lengkap.

Sedikitnya lima hotel dengan lebih dari 700 kamar telah dipesan atas permintaan keluarga para penumpang pesawat.


Rekomendasi