Satu Kotak Hitam China Eastern Airlines Berhasil Ditemukan, Kondisinya Sudah Seperti Ini

| 23 Mar 2022 18:05
Satu Kotak Hitam China Eastern Airlines Berhasil Ditemukan, Kondisinya Sudah Seperti Ini
Kotak hitam china eastern airlines (Dok: Xinhua News)

ERA.id - Salah satu perekam penerbangan atau kotak hitam dari pesawat China Eastern Airlines yang jatuh berhasil ditemukan. Kotak hitam itu ditemukan oleh regu penyelamat di lokasi jatuhnya pesawat.

Media pemerintah China mengabarkan salah satu dari dua kotak hitam China Eastern Airlines berhasil ditemukan. Penemuan itu terjadi pada Rabu (23/3/2022) setelah hujan deras mengguyur lokasi jatuhnya Boeing 737-800.

"Kotak hitam pesawat penumpang China Eastern Airlines yang jatuh Senin sore di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang China selatan telah ditemukan," kata tim penyelamat di lokasi mengatakan dikutip Xinhua via CNBC, Rabu (23/3/2022).

Meski berhasil menemukan salah satu kotak hitam, belum diketahui apakah itu yang merekam data penerbangan atau komunikasi kokpit dengan pengontrol lalu lintas udara. Sementara itu, dilaporkan kondisi kotak hitam yang ditemukan dalam keadaan rusak berat.



Kotak hitam sendiri merupakan peralatan teknis penting di pesawat yang dapat mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan. Dari kecelakaan yang menimpa Boeing 737-800 itu, tidak ada korban selamat yang ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat yang dioperasikan oleh China Eastern Airlines yang membawa 132 orang.

Menurut catatan data FlightRadar24, Boeing 737-800 itu sempat terbang diketinggian 29.100 kaki, tetapi dua menit dan 15 detik kemudian tercatat pada ketinggian 9.075 kaki.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat China Eastern Airlines jatuh menungkik ke sebuah pegunungan di Guangxi dan menimbulkan kebakaran hutan.

Sejak berita kecelakaan itu menghebohkan dunia, pesawat 737-800 di armada China Eastern dilarang terbang sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Rekomendasi