Presiden Ukraina Zelenskyy Ungkap Hasil Perundingan dengan Rusia: Sangat Sulit, Kadang Terjadi Konfrontasi

| 23 Mar 2022 14:36
Presiden Ukraina Zelenskyy Ungkap Hasil Perundingan dengan Rusia: Sangat Sulit, Kadang Terjadi Konfrontasi
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan bahwa perundingan dengan Rusia untuk mengakhiri perang, terasa berat dan kadang-kadang diwarnai konfrontasi.

Namun, kata Zelenskyy, pembicaraan perdamaian itu sedikit demi sedikit menghasilkan kemajuan.

Kendati para perunding Rusia dan Ukraina terus melakukan pembicaraan secara berkala, kedua pihak mengatakan masih jauh untuk mencapai kesepakatan apa pun.

"Kami terus melancarkan upaya pada berbagai tingkat untuk mengajak Rusia bergerak menuju perdamaian ... perwakilan Ukraina berpartisipasi dalam pembicaraan yang berlangsung secara virtual setiap hari," kata Zelenskyy pada Rabu (23/3/2022)

"Sangat sulit, kadang-kadang terjadi konfrontasi... Tapi selangkah demi selangkah bergerak maju," ujarnya.

Saat menyampaikan pidato melalui video pada Rabu dini hari, ia juga menyebutkan bahwa 100.000 orang saat ini tinggal di kota Mariupol yang terkepung.

Orang-orang tersebut, kata Zelenskyy, hidup dalam kondisi kemanusiaan yang tak layak, tanpa makanan, air, ataupun obat-obatan.

"Saat ini, ada sekitar 100.000 orang di kota itu, hidup dengan kondisi yang tidak manusiawi, betul-betul terkepung, tanpa makanan, tanpa air, tanpa obat-obatan, rawan terkena gempuran artileri, rawan terkena bombardemen," kata Zelenskyy.

Ia juga menuding pasukan Rusia yang melancarkan serangan ke Mariupol mengadang upaya evakuasi warga sipil dari kota tersebut.

Kami juga pernah menulis soal Kemarin Memohon Bantuan Israel, Kini Ukraina Minta Xi Jinping Bantu Negaranya: Kami Sangat Menghormati China Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi