Cuma Berbahan Dasar Tepung Aci, 4 Jajanan Khas Bandung yang Rasanya Nagih dan Disukai Warga Ibu Kota

| 12 Aug 2022 15:00
Cuma Berbahan Dasar Tepung Aci, 4 Jajanan Khas Bandung yang Rasanya Nagih dan Disukai Warga Ibu Kota
Cireng (Dok. Istimewa)

ERA.id - Bandung merupakan kota yang selalu memiliki segudang ide kreatif untuk menciptakan kuliner lezat yang dinikmati oleh semua kalangan, salah satunya santapan dan cemilan yang terbuat dari tepung kanji, biasanya orang manyebut tepung aci.

Walau berasal dari bahan yang sederhana, banyak sekali kuliner dari Kota yang dijuluki sebagai Kota Kembang tersebut. Berikut 4 jajanan khas Bandung yang terbuat dari tepung aci dengan rasa enak dan disukai warga ibu kota.

1. Cireng

Camilan dari tepung kanji yang satu ini, ternyata sudah banyak dikenal di mancanegara, ini terbukti dari inovasi yang dikembangkan oleh pelaku usaha di bidang kuliner.

Berasal dari adonan kanji, cireng yang di zaman dulu hanya sekedar digoreng dengan bentuk sederhana, kini memiliki variasi rasa yang ditawarkan, mulai dari cireng isi baso cincang, sosis, dagins sapi, daging ayam sampai keju.

Belum lama ini, cireng klasik yang hanya sekedar digoreng pun kembali lagi mencuat eksistensinya, yaitu cireng bumbu rujak, karena sangat mudah diolah dan dipadukan oleh bumbu rujak. Saat ini, cireng dikemas menjadi buah tangan saat berwisata ke Kota Bandung.

(jajanan dari tepung aci (Istimewa)

2. Cilok

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok ini, diolah dengan cara kukus. Walau tampilannya sangat sederhana yaitu berbentuk bulat-bulat, banyak sekali yang menyukai camilan kaki lima ini.

Kalau mampir ke Kota Bandung, banyak sekali cilok yang memiliki variasi bumbu. Mulai dari bumbu kacang, saos pedas sampai cilok yang disajikan dengan sambal goang, sambal khas dari daerah Pasundan terdiri dari cabe rawit merah, bawang merah dan bawang putih yang diulek kemudian disiram oleh minyak panas.

Biasanya, cilok yang dipadu dengan sambal goang menciptakan sensasi segar, karena disajikan dengan kuah kaldu dan jeruk nipis bak baso.

3. Cimol

Sama seperti cireng, cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol diolang dengan cari digoreng. Perbedaannya adalah cimol digoreng dengan bentok bulat dan berukuran kecil-kecil seperti cilok.

Apabila sedang berwisata di Kota Bandung, Cimol sangat mudah ditemukan. Biasanya, penjual kaki lima yang menjual Cimol di Kota Bandung, sering berada di kawasan Braga, Asia Afrika dan Alun-alun Bandung. Selain dari lokasi tersebut Pedagang cimol juga sering sekali berjualan di gang-gang karena peminat dari camilan murah meriah ini adalah anak - anak.

4. Cilung

Selain cireng dan cimol, adonan aci yang digoreng lainnya adalah cilung yaitu aci digulung. Sebelum digoreng, aci terlebih dahulu direbus, tetapi ada juga yang adonan aci dililit karena tekstur yang mengental, sehingga saat digoreng bisa mudah.

Cilung yang siap digoreng, terlebih dahulu dibalur dengan telor yang sudah diaduk. Jika sudah digoreng, cilung yang sudah matang akan semakin menggugah selera apabila ditambah saos pedas dan sambal bubuk.

Camilan dari aci ini termasuk, camilan murah meriah. Pedagang cilung banyak dijumpai di depan sekolah, karena harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp 1000 per tusuk, tentu pembeli yang banyak meminatinya adalah anak-anak sekolah.

Rekomendasi