Cara Membuat Terang Bulan Teflon di Rumah, Topping Bisa Sesuai Keinginan

| 28 Jan 2023 07:05
Cara Membuat Terang Bulan Teflon di Rumah, Topping Bisa Sesuai Keinginan
Ilustrasi terang bulang dengan teflon (malangkota.go.id)

ERA.id - Terang bulan adalah salah satu kudapan yang memiliki banyak penggemar. Aroma dan rasa yang dominan manis membuat makanan ini menjadi salah satu incaran pencari camilan mengenyangkan. Tak heran jika cukup banyak penjual terang bulang di pinggir-pinggir jalan.

Tak jarang antrean memadati gerobak-gerobak penjual terang bulan. Namun, Anda tidak harus selalu membeli saat ingin menyantap kuliner ini sebab ada cara membuat terang bulan teflon yang bisa dicoba di rumah.

Martabak manis—sebutan lain terang bulan—bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman tanpa harus ikut mengantre di pinggir jalan. Selain itu, Anda bahkan bisa menjadi salah satu penjual tersebut menggunakan resep berikut. Dikutip Era dari IDN Times, berikut adalah cara membuat terang bulang menggunakan teflon.

Bahan-Bahan Membuat Terang Bulan

Bahan utama:

·         250 gram tepung terigu

·         50 gram gula halus

·         30 gram gula pasir

·         3 butir telur

·         25 gram margarin

·         15 gram susu bubuk

·         1/2 sdt ragi pengembang

·         1/4 sdt baking powder

·         1 sdt vanila ekstrak

·         sedikit garam

·         300 ml air

Bahan untuk topping:

·         susu kental manis (sesuai kebutuhan)

·         meses (sesuai kebutuhan)

·         keju cheddar (sesuai kebutuhan)

·         margarin (sesuai kebutuhan)

Cara Membuat Terang Bulang Teflon

1. Campurkan bahan-bahan

Pertama, Anda perlu menyiapkan wadah yang cukup besar, kemudian masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Setelah semua bahan masuk, aduk bahan-bahan tersebut menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Kemudian, tuangkan air sedikit demi sedikit ke campuran adonan sambil tetap diaduk. Setelah semua air masuk, masukkan ragi dan aduk lagi hingga ragi tercampur dengan bahan-bahan lain. Kemudian, tutup adonan tersebut menggunakan kain bersih dan diamkan selama 30 menit.

2. Memasak menggunakan teflon

Adonan terang bulan akan mengalami pengembangan setelah 30 menit didiamkan. Ketika ini terjadi, masukkan kocokan telur dan gula pasir ke adonan tersebut.

Setelah itu, aduk adonan secara merata dan tidak menggumpal. Tambahkan soda kue dan margarin cair (margarin yang telah dilelehkan) dan aduk lagi sampai tercampur rata.

Langkah yang selanjutnya adalah memanaskan wajan teflon dengan api yang kecil. Setelah wajan teflon cukup panas, tuangkan setengah adonan dan ratakan. Saat adonan di wajan tersebut mulai berlubang, taburkan gula pasir dan tutup. Masak adonan tersebut hingga pinggirannya kering.

3. Penyajian terang bulan

Ilustrasi memarut keju cheddar (unsplash)

Setelah terang bulan matang, angkat dan biarkan hingga agak dingin. Anda bisa memarut keju cheddar sembari menunggu adonan tersebut agak dingin. Oleskan mentega pada bagian atas terang bulan yang sudah tidak terlalu panas.

Setelah itu, tuangkan susu kental manis di atasnya. Bahan topping selanjutnya yang dituangkan adalah taburan meses dan keju parut. Semua bahan topping jumlahnya tergantung selera Anda.

Anda juga bisa menambahkan atau mengganti bahan topping, misalnya selai buah, kacang goreng yang telah diremukkan, atau bahan-bahan yang lain. Setelah semua bahan masuk, lipat terang bulan dan potong sesuai keinginan.

Itulah cara membuat terang teflon yang bisa dilakukan di rumah. Rasa lembut dan manis siap memanjakan lidah Anda. 

Rekomendasi