Makanan Khas Turki yang Wajib Dicicipi, Mulai Pide hingga Dondurma

| 04 Feb 2023 08:05
Makanan Khas Turki yang Wajib Dicicipi, Mulai Pide hingga Dondurma
Ilustrasi Dondurma (Foto: Pixabay)

ERA.id - Turki menjadi salah satu negara yang diminati banyak orang dari seluruh penjuru dunia untuk dikunjungi. Selain wisata alam, budaya, dan sejarah yang menarik, Turki juga mempunyai daya tarik lainnya berupa makanan khas yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi. Makanan khas Turki juga memberikan banyak pengaruh terhadap hidangan yang ada di beberapa berbagai belahan dunia lainnya. Misalnya Asia Tengah, Timur Tengah, dan wilayah Balkan.

Nama makanan khas Turki kerap kali menggunakan nama kota maupun daerah asal makanan yang menggunakan bahan khusus daerah tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa makanan khas Turki yang paling populer dan direkomendasikan untuk dicicipi jika Anda berkunjung ke Turki.

Pide

Ilustrasi Pide (Foto: pixabay)

Pide serupa dengan pizza yang memiliki topping bervariasi. Bahkan makanan khas yang satu ini juga dijuluki sebagai 'Pizza Turki'. Namun, perbedaannya dapat langsung terlihat dari bentuk roti Pide yang unik, yaitu dilipat dan memanjang sehingga memiliki bentuk seperti daun. Pide adalah roti pipih yang dipanggang dalam oven dengan proses memasak menggunakan kayu bakar. Pide juga dilengkapi dengan berbagai topping, mulai dari telur, pastrami, daging domba cincang, sayuran, serta keju.  

Baklava

Ilustrasi Baklava (Foto: Pixabay)

Baklava merupakan makanan khas Turki berbentuk roti manis berlapis kacang. Untuk menambah kelezatan, roti ini biasa disajikan dengan madu dan sirup. Dari sejarahnya, Baklava sudah menjadi sajian kuliner warga Turki sejak zaman Kerajaan Ottoman. Hal tersebut dibuktikan dari penemuan resep sejak abad ke-14 di Tiongkok dan Baklava masih disebut dengan istilah gullach.

Kumpir

Kumpir bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar malam atau di tepian jalan yang disajikan oleh pedagang kaki lima. Street food jenis ini banyak dijajakan penjual di Ortakoy, Istanbul. Kumpir merupakan sajian kentang yang dipanggang bersamaan dengan beragam topping, misalnya sayur-sayuran dan sosis. Saus ini juga memiliki rasa gurih yang nikmat.  

Kofte

Kofte adalah makanan utama yang kerap disajikan sebagai lauk dengan nasi. Hidangan ini sering disajikan dalam suatu jamuan makan bersama keluarga atau kerabat. Kofte seperti steak yang berukuran kecil dan terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing yang digiling dan dicampur dengan rempah yang beragam dan selanjutnya dipanggang, direbus, maupun digoreng. Pada awal penyebarannya, makanan ini dibuat oleh imigran asal Turki menuju Eropa Barat dan Belanda.

Simit

Sekilas, makanan khas Turki ini mempunyai bentuk seperti donat, bulat dengan lubang pada bagian tengahnya dan ditaburi topping berupa biji wijen. Simit sering dijadikan menu sarapan dan penyajiannya terkadang dikombinasikan dengan keju, sosis serta berbagai topping yang lain. Makanan khas Turki jenis ini dapat dikatakan sebagai makanan legendaris, sebab konon Simit pertama kali diciptakan pada abad ke-16.

Dondurma

Tidak hanya terkenal karena rasanya yang khas, es krim Turki ini juga disajikan oleh penjualnya dengan aksi yang atraktif untuk menarik perhatian pelanggan. Es krim ini memiliki tekstur seperti permen karet, oleh sebab itulah menu ini digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Adapun bahan pembuatan dari es krim ini adalah salep yang terbuat dari tepung akar anggrek usia muda dan getah tumbuhan mastic.

Demikianlah penjelasan tentang makanan khas Turki yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke negara tersebut. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi