9 Makanan Khas Valentine Selain Cokelat di Berbagai Negara

| 12 Feb 2023 20:00
9 Makanan Khas Valentine Selain Cokelat di Berbagai Negara
Ilustrasi (Freestocks/Unsplash)

ERA.id - 14 Februari dikenal di seluruh dunia dengan perayaan Valentine. Seluruh umat dunia menganggap Hari Valentine sebagai hari kasih sayang. Pada hari Valentine beberapa orang memanfaatkannya untuk memberikan hadiah kepada yang terkasih. Cokelat menjadi makanan khas dan paling sering diberikan saat Valentine. Namun tahukah kamu, ada sederet makanan khas valentine selain coklat yang cocok diberikan?

Ilustrasi cokelat valentine (Foto: Pixabay)

Beberapa negara ternyata memiliki khas tersendiri dalam merayakan Hari Valentine. Sejumlah menu khas ini tak kalah romantic dengan cokelat yang sudah terlalu mainstream. Berani mencoba hal baru ini? Berikut referensi makanan khas Hari Valentine yang bisa kamu berikan kepada pasanganmu

1. Sup ikan piranha - Brazil

Hmm, kedengaran agak serem ya… Tapi bagi orang Brazil makanan ini dinilai romantis. Orang Brazil biasa merayakan Valentine dengan menjadikan sup ikan piranha sebagai sajian untuk yang terkasih. Bahkan hidangan ini dinilai dapat meningkatkan suasana hati pasangan, lho. Khas dan romantis banget ngga sih, kalau pas Valentine suasana meningkat banget?

2. Baghrir - Maroko

Perayaan Valentine di Maroko identik dengan sajian baghrir atau pancake yang dinikmati bersama pasangan saat sarapan. Baghrir memiliki tekstur lembut dan dapat meleleh di mulut. Biasanya menu ini dihidangkan bersama sirup maple, mentega, atau madu sehingga menambah sensasi manis saat pertama menggigit.

3. Ceviche - Amerika Latin

Ceviche merupakan makanan yang terbuat dari ikan mentah yang diasinkan bersama jus jeruk nipis. Kemudian diberi bumbu pedas dari cabai, bawang, garam, tomat, dan daun ketumbar. Makanan yang tergolong seafood ini umum menjadi menu spesial saat Valentine dan banyak dijual di berbagai restoran Amerika Latin.

4. Omelet bentuk hati - Asia

Sedangkan di negara-negara Asia Timur, seperti China, Jepang, hingga Korea, hidangan  khas saat Valentine yaitu omelet yang dibentuk menyerupai hati. Omelet berbentuk lambang hati ini terkesan lebih spesial ketika diberikan kepada orang tersayang.

5. Mbatata - Malawi

Di Malawi terdapat tradisi yang cukup unik dan khas ketika menyambut Hari Valentine. Orang-orang Malawi akan memakan mbatata atau kue cubit yang terbuat dari ubi jalar. Karena hanya dilakukan pada hari Valentine, orang Malawi akan berbondong-bondong memberikan kue cubit berbentuk hati tersebut kepada orang tersayang.

6. Ramen cokelat - Jepang

Cokelat batang, es krim cokelat, atau milkshake cokelat, itu semua sudah biasa. Nih, bagi kamu pecinta cokelat, namun sudah bosan dengan olahan cokelat yang sangat mainstream. Di Jepang, saat perayaan Valentine terdapat makanan yang cukup unik, yakni Ramen Cokelat. Pada Hari Valentine Orang Jepang akan memberikan ramen cokelat untuk hidangan makan bersama orang tersayang. Pada dasarnya, ramen ini sama seperti ramen pada umumnya. Perbedaannya terletak pada kuah yang memakai cokelat manis.

7. Takoyaki cokelat - Jepang

Selain ramen, Jepang juga mempunyai makanan khas Valentineyang tak kalah unik yakni takoyaki cokelat. Pada hari Valentine, para penjual takoyaki akan mengganti isian, dari yang awalnya gurita menjadi cokelat. Takoyaki ala Valentine juga akan dilumuri topping cokelat, dijamin bisa menambah kesan istimewa ketika disantap berdua bersama kekasih.

8. Teh air mawar - Eropa dan Timur Tengah

Mawar memang menjadi perlambang kasih sayang. Selain dihadiahkan dalam bentuk bucket, bunga mawar ternyata bisa dihidangkan dalam bentuk minuman teh. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah punya kebiasaan khas mengonsumsi teh air mawar saat Valentine. Mereka percaya mengonsumsi minuman ini bersama kekasih dapat menambah sensasi romantis di hari Valentine.

9. Sweet and spicy hot chocolate - Meksiko

Sepintas minuman ini sama seperti cokelat panas pada umumnya. Tapi ternyata minuman ini punya perpaduan rasa manis dan pedas. Sama seperti namanya, sweet and spicy hot chocolate, terkasan unik karena ada tambahan cabai. Sekalipun bagi beberapa orang tampak aneh, namun cita rasa pedas manis dan harum vanili minuman ini bisa bikin kamu dan pasanagn ketagihan. Makanan ini menjadi makanan khas Hari Valentine di Meksiko.

Demikianlah beberapa makanan khas valentine selain cokelat yang biasa diberikan di beberapa negara.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi