Apa Itu Fusion Food? Simak Penjelasannya, dan Jenis Fusion Food Indonesia

| 17 Feb 2023 20:02
Apa Itu Fusion Food? Simak Penjelasannya, dan Jenis Fusion Food Indonesia
Ilustrasi Fusion Food (Pixabay)

ERA.id - Dalam perkulineran, kreativitas juga dapat berkembang dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, menu makanan dapat dikombinasikan secara unik yang disebut dengan Fusion Food. Walaupun terdengar masih asing, jenis kuliner dengan teknik berbeda ini mampu memberikan cita rasa yang lain dan menghadirkan nuansa yang unik. Kira-kira apa itu Fusion Food? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Fusion Food?

Jika kita tinjau dari maknanya, Fusion berarti istilah kombinasi atau campuran dari beberapa bentuk, bahan, tampilan, hingga teknik dalam pengolahan makanan.

Ilustrasi Sushi Rendang (Pixabay)

Dengan kata lain, Fusion food merupakan salah satu inovasi dalam bidang perkulineran dengan mengombinasikan beberapa unsur tradisi kuliner. Tradisi ini biasanya berasal dari dua negara atau lebih untuk menghadirkan masakan terbaru dengan rasa yang menarik dan inovatif.

Kombinasi dari banyak kreasi dan inovasi menghasilkan rasa yang unik dan estetik tapi tetap dalam level standar internasional.

Jika dilihat dari jenisnya, fusion food dibagi menjadi tiga jenis yang masing-masing membawa ciri khas tersendiri, antara lain:

Jenis Continental Fusion

Continental Fusion merupakan gabungan masakan yang berasal dari dua benua yang berbeda. Contohnya benua Amerika dan Asia atau Indonesia Eropa.

Jenis Regional Fusion

Jenis makanan kedua ini adalah gabungan dari masakan berbagai negara yang berbeda tapi masih terletak dalam satu benua. Contohnya, gabungan masakan Korea dan Jepang atau Indonesia Jepang.

Jenis Sub Regional Fusion

Sub regional adalah kombinasi antara banyak jenis masakan daerah tapi masih ada dalam satu negara. Pola makanan yang dihadirkan sama sebab memang masih berada pada wilayah yang sama.

Selain jenisnya, dalam fusion food ini, ada juga prinsip yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Perpaduan cita rasa, gaya, dan tradisi makanan yang berbeda.
  • Perpaduan secara optimal dari berbagai tradisi makanan dan budaya dengan beberapa bumbu rempah andalan. Menghadirkan cita rasa lain untuk menciptakan sajian menu baru.
  • Menerapkan inovasi dengan komposisi dan bahan lain yang sejenis maupun hampir sama tapi tidak seperti biasanya. Hanya saja tetap menggunakan metode dasar sama dari aslinya.

Prinsip ini tentunya akan mempengaruhi cita rasa dan tidak sembarangan saat mengombinasikannya. Oleh karena itu, kita memerlukan teknik dasar asli. Menu asli yang mudah bisa menjadi spesial dengan kombinasi menu negara lain jika Anda tepat dalam mengolahnya.

Syarat Khusus Fusion Food

Saat Anda menciptakan menu Fusion food ini, tentunya tidak boleh berbeda dari menu masakan yang asli. Artinya Anda harus memenuhi syarat pembuatan agar mendapatkan hasil baik dan bukan malah menghadirkan kesan buruk pada menu asli.

Adapun syarat yang harus dipenuhi saat meracik fusion food adalah:

Memahami Cita Rasa yang Asli

Fusion food merupakan pengombinasian dua makanan yang berbeda dan sebelum Anda memulainya, pastikan Anda memahami cita rasa asli dari keduanya. Jika kombinasi berasal dari beberapa menu makanan sekaligus, Anda harus tetap memahami rasa asli dari menu tersebut.

Rasa asli akan mempengaruhi saat Anda memadukan menu baru yang akan disajikan. Dengan memilih dan menciptakan menu dari cita rasa asli, rasa baru akan memberikan rasa berbeda dan tetap lezat untuk disantap.

Contoh Fusion food Indonesia adalah burger nasi rendang, perpaduan yang menarik antara cita rasa asli Indonesian western yang menarik dan gurih rasanya.

Pandai Mengombinasikan Dua atau Beberapa Makanan

Anda juga harus pandai melakukan kombinasi tepat dan pas serta cocok dari makanan yang berbeda tanpa mengurangi kualitas, teknik, dan budaya untuk menghadirkan menu makanan baru yang spesial.

Rasa Makanan Masuk Akal dan Dapat Diterima

Jangan sampai kombinasi yang terjalin dari makanan yang berbeda malah menghadirkan menu aneh dan tidak masuk akal konsumennya. Misalnya, cita rasanya menjadi kurang pas di lidah dan teksturnya terasa aneh. Hal ini tentunya akan memberi kesan buruk pada menu asli.

Contoh Fusion food Indonesia yang saat ini banyak peminatnya salah satunya adalah sushi rendang. Dengan mengombinasikan menu khas Jepang dan rendang Indonesia, cita rasa dari fusion foof ini menjadi begitu istimewa.

Memahami Teknik Memasak

Syarat selanjutnya yaitu memahami teknik memasak agar cita rasa asli dalam padu padan kualitas makanan tidak berkurang. Namun, malah menambah kelezatan kombinasi dari beberapa menu sekaligus.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu fusion food dan contoh fusion food Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi