Apa Itu Piccolo Latte? Bagi Pecinta Kopi yang Belum Tahu, Simak di Sini

| 14 May 2023 08:15
Apa Itu Piccolo Latte? Bagi Pecinta Kopi yang Belum Tahu, Simak di Sini
Ilustrasi piccolo latte (Pixabay)

ERA.id - Piccolo latte merupakan jenis minuman yang mungkin sulit ditemukan. Namun, kopi piccolo dapat menjadi tambahan yang menarik dalam menu coffee shop. Bagi penikmat kopi, menu ini merupakan alternatif yang lezat untuk pilihan kopi klasik sebab kopi piccolo mempunyai rasa yang cukup menakjubkan. Sebenarnya, apa itu piccolo latte? Bagi Anda yang ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang kopi susu asal Spanyol ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Piccolo Latte?

Ilustrasi piccolo latte (Pixabay)

Piccolo latte, atau kopi piccolo, seperti yang pada umumnya disebut pada menu kopi, merupakan minuman kopi susu yang disajikan dalam gelas 85-114ml. Komposisi kopi piccolo ini adalah gabungan antara satu shot espresso yaitu sekitar 20-30 ml dengan campuran 40-60 ml susu.

Satu shot espresso yang ada di atasnya menyatu dengan susu steam memunculkan terbentuknya busa lembut di atas kopi piccolo. Dalam kopi piccolo, rasa espresso tetap terasa, namun tidak terlalu berlebihan, cocok bagi Anda yang menggemari kopi susu dengan perpaduan rasa kopi dan susu yang nikmat dan seimbang.

Apa yang Menyebabkan Kopi Piccolo Sulit Ditemukan?

Apakah Anda pernah melihat kopi piccolo pada menu di coffee shop terdekat? Mungkin Kopi piccolo tidak tampil sepopuler cappuccino dan latte klasik. Hal ini dikarenakan kopi piccolo merupakan kopi berbasis susu yang serupa dengan kopi susu lainnya. Dengan banyaknya pilihan menu kopi susu serta komposisi yang hampir mirip, popularitas kopi piccolo ini pun kalah unggul oleh jenis kopi susu lain. Namun, Anda masih dapat menemukan kopi piccolo pada hampir seluruh wilayah Asia.

Tips Meracik Kopi Piccolo

Bagi Anda yang hendak mencoba meracik kopi piccolo, dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:

·         Buat satu shot espresso dengan ukuran 20-30ml

·         Steam susu pada suhu 60 derajat celcius dengan sedikit microfoam, tapi tetap ringan.

·         Tuangkan 40-60 ml air ke dalam espresso dari pinggir. Tuang dengan agak tinggi agar espresso dan susu tercampur dengan rata.

·         Tambahkan sedikit foam susu di bagian atas.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu piccolo latte. Jika Anda belum pernah mencicipi kopi piccolo sebelumnya, berarti saat ini merupakan saat yang tepat untuk mencoba. Kira-kira, apakah Anda tertarik untuk mencoba kopi susu piccolo ini?

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi