Jenis-jenis Minuman Kopi yang Perlu Diketahui

| 24 Jan 2024 16:47
Jenis-jenis Minuman Kopi yang Perlu Diketahui
Ilustrasi jenis-jenis minuman kopi. (Freepik)

ERA.id - Bagi Anda yang menjadi pencinta kopi, tentunya sudah tidak asing dengan jenis-jenis minuman kopi. Bagi siapapun yang belum memahami dunia kopi dan baru ingin mencoba kopi, bisa mengenali jenis-jenis minuman kopi agar tidak salah pesan.

Setiap jenis kopi tentunya mempunyai rasa dan aroma yan berbeda-beda. Jika Anda senang dengan rasa pahit, pilihan Anda bisa jatuh ke americano. Namun, jika ingin mencicipi kopi dengan cokelat, Anda dapat memilih moccachino.

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah jenis-jenis minuman kopi mulai dari americano hingga macchiato.

Jenis-jenis Minuman Kopi

Banyak orang yang masih merasa bingung dalam memilih minuman kopi saat berada di coffee shop. Agar tidak bingung lagi, yuk simak jenis-jenis minuman kopi yang bisa dipilih sesuai selera.

Espresso

Kopi jenis ini adalah kopi hitam dengan aroma sangat kuat dan pekat. Espresso dapat dinikmati dengan menyeduh bubuk kopi yang telah diproses sebelumnya melalui portafilter.

Rasa yang dihasilkan dari kopi espresso yaitu pahit pekat dengan tekstur kental. Oleh sebab itu, kopi jenis ini sering dipesan para penikmat kopi untuk mengusir kantuk. Pada umumnya cukup dengan 2-3 shots (satu shot sama dengan satu gelas kecil 30 ml air dan 7 gram kopi).

Americano

Kopi Americano mempunyai cita rasa yang kuat. Minuman ini diproduksi dari kopi espresso yang ditambah air. Kopi Americano mempunyai rasa pahit karena tidak menggunakan tambahan gula dan krimer. Dibandingkan espresso yang kental, Americano juga lebih encer.

Cappuccino

Bagi Anda yang kurang senang dengan rasa kopi yang terlalu pahit, dapat mencoba cappuccino. Kopi ini diracik dengan espresso dan busa susu (foam). Minuman kopi jenis ini umumnya disajikan dalam suhu hangat.

Ilustrasi (Gambar Freepik)

Latte

Jenis minuman kopi satu ini adalah perpaduan kopi dan susu. Latte diracik dari espresso yang dicampur susu hangat dan diberi buih susu di atasnya. Untuk memunculkan rasa manis, latte umumnya ditambah sirup. Bila Anda senang dengan rasa manis dan tekstur yang lebih encer, Anda dapat memilih latte sebagai pilihan.

Moccachino

Bagi pecinta kopi dan cokelat, Anda dapat mencoba jenis kopi ini. Kopi Moccachino diracik dengan memadukan espresso, susu, dan cokelat. Cokelat yang dipilih dapat berupa sirup cokelat, cokelat bubuk, cokelat batangan, atau jenis cokelat yang lain. Dengan demikian, rasa yang dihasilkan kopi manis akan hadir dengan sensasi rasa cokelat.

Macchiato

Kopi macchiato dibuat dari perpaduan kopi dan sedikit susu. Tidak jauh berbeda dengan latte, yang membedakan hanyalah urutan penuangan. Pada macchiato, buih susu terlebih dulu dituang ke dalam gelas, selanjutnya baru dituangkan espresso. Minuman kopi ini juga umumnya diberi tambahan sirup, misalnya caramel, vanila, hingga matcha.

Demikianlah jenis-jenis minuman kopi yang perlu Anda ketahui. Kira-kira jenis minuman kopi apa yang Anda senangi?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi