5 Cara Membuat Latte Tanpa Mesin di Rumah Mirip Kafe

| 07 Sep 2024 17:00
5 Cara Membuat Latte Tanpa Mesin di Rumah Mirip Kafe
Ilustrasi cofee latte (freepik)

ERA.id - Apakah Anda bosan dengan harga kopi yang semakin mahal di kafe? Jika, Anda ingin menikmati latte favoritmu tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, mari simak cara membuat latte tanpa mesin dalam artikel berikut ini.

Artikel ini akan memberikan beberapa alternatif cara membuat latte yang bisa kamu coba. Yuk, simak tips dan triknya di sini!

Apa itu Latte?

Dilansir dari laman Fork in The Kitchen, latte atau juga dikenal sebagai caffe latte adalah minuman kopi yang dibuat dengan espresso dan susu kukus, dengan sedikit buih.

Rasio latte adalah sekitar sepertiga espresso dan dua pertiga susu, kemudian di atasnya akan ditambahkan buih.

Rasio espresso, susu, dan buih memiliki perbedaan secara teknis antara minuman kopi lainnya seperti latte, cappuccino, dan macchiato.

Baca juga artikel yang membahas Apa Itu Macchiato?

Cappuccino memiliki lebih banyak buih daripada latte, sekitar sepertiga dari minuman. Kemudian macchiato akan memiliki sedikit susu.

Lantas bagaimana cara membuat latte sendiri di rumah, mari kita lihat setiap bahan dan tips meraciknya di rumah tanpa peralatan khusus seperti di kedai kopi.

Bagaimana Cara Membuat Latte Tanpa Mesin?

Berikut ini terdapat beberapa trik dan teknik membuat kopi tanpa menggunakan mesin kopi yang mahal:

  1. Memilih Kopi dengan Rasa yang Kuat

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih kopi dengan rasa yang kuat. Anda akan membutuhkan lebih sedikit air dalam perbandingan kopi dan air ketika membuat latte manual.

Rekomendasi umum yang anti gagal adalah perbandingan air ke kopi 15:1 untuk rasa yang kuat. Meskipun demikian. pada akhirnya akan tergantung dengan preferensi Anda masing-masing.

  1. Memilih Roasting Tepat

Panggang biji espresso (roasting)  hingga berwarna gelap untuk mendapatkan rasa kopi yang paling kuat dan dalam.

Anda juga dapat menggunakan espresso instan atau kopi instan dengan rasa yang kuat seperti Nescafe Classic.

  1. Teknik Membuat Latte Manual

Meskipun Anda dapat membuat kopi dengan metode apa pun yang Anda sukai, French press adalah pilihan yang bagus untuk menghasilkan cita rasa kopi yang kuat.

Selain itu, Anda dapat membuat espresso dengan kompor khusus dengan menggunakan Moka pot, yang merupakan metode klasik Italia untuk membuat kopi yang kuat.

French press dapat menghasilkan cita rasa kopi yang kuat (freepik)

  1. Membuat Busa Susu

Panaskan susu dalam panci di atas kompor, lalu gunakan pengocok untuk membuat susu berbusa sampai berbusa.

Anda juga dapat menggunakan pembuat susu berbusa portable karena alat ini sangat murah dan berfungsi baik. Caranya panaskan susu dalam microwave atau di atas kompor, dan gunakan pengocok untuk membuat susu berbusa.

  1. Takaran Tepat

Untuk latte berukuran kecil, Anda menggunakan 2 shot espresso dan sekitar 6-8 ons susu. Seni membuat latte di rumah adalah Anda dapat dengan mudah menyesuaikan perbandingannya tergantung pada seberapa kuat latte yang kamu sukai.

Selain itu, cukup tambahkan lebih banyak susu untuk latte yang lebih lembut dan kurang kuat. Anda juga dapat menambahkan lebih sedikit susu untuk latte yang lebih pekat.

Selain cara membuat latte tanpa mesin, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi