Jenis Teh di Indonesia yang Paling Populer dan Mantap Rasanya

| 16 Jul 2023 12:05
Jenis Teh di Indonesia yang Paling Populer dan Mantap Rasanya
Jenis teh di indonesia (unsplash)

ERA.id - Teh adalah minuman yang populer di Indonesia, dan negara ini memiliki beragam jenis teh yang khas dengan karakteristik yang berbeda-beda. Tahukah Anda berbagai jenis teh di Indonesia dengan citarasa menarik?

Dari pesisir Jawa hingga pegunungan Sumatera, setiap daerah memiliki tradisi dan varietas teh yang unik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jenis-jenis teh yang ditemukan di Indonesia, mulai dari teh hitam yang klasik hingga teh hijau yang menyegarkan, serta beberapa variasi teh lainnya yang menarik.

Minum teh menjadi tradisi dalam masyarakat (unsplash)

Jenis Teh di Indonesia

  1. White Tea

Teh putih adalah jenis teh premium di Indonesia yang memiliki hasil seduhan berwarna putih pucat hingga kekuningan. Teh ini diproduksi dengan menggunakan pucuk teh, biasanya dua daun teratas, dan memiliki kandungan antioksidan tinggi sekitar 16 persen. Teh putih memiliki harga berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp150 ribu.

  1. Yellow Tea

Teh kuning memiliki seduhan berwarna kuning terang yang diperoleh melalui proses 'Sealed Yellowing'. Teh ini memiliki manfaat yang tidak kalah dengan teh hijau, seperti membantu menurunkan ukuran pinggang dan kadar kolesterol tubuh.

  1. Teh Merah

Teh merah merujuk pada beberapa jenis teh, termasuk teh roiboos dari Afrika dan teh kembang sepatu. Di Asia, teh merah biasanya mengacu pada teh hitam. Teh merah di kawasan Gunung Halimun, Jawa Barat, mengalami proses oksidasi fermentasi penuh sehingga rasa pahitnya berkurang.

  1. Teh Melati

Teh melati premium memiliki aroma melati yang menyegarkan dan telah populer sejak masa dinasti Ming. Selain rasanya yang enak dan sering dikonsumsi sebagai es teh, teh melati juga memiliki manfaat kesehatan seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, dan menyehatkan jantung.

  1. Teh Hijau

Teh hijau premium dibuat dari campuran teh murni yang dipetik pada waktu tertentu. Teh hijau memiliki manfaat seperti mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu menurunkan berat badan. Teh hijau dan teh hitam berasal dari daun teh yang sama, tetapi proses pengolahannya yang berbeda.

Selain jenis teh di indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi