Perbedaan Mentega dan Margarin yang Harus Anda Ketahui

| 18 Sep 2023 17:15
Perbedaan Mentega dan Margarin yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi mentega (Pixabay)

ERA.id - Bagi Anda yang sudah terbiasa memasak, tentunya sudah sangat familiar dengan bahan-bahan yang digunakan. Anda juga pastinya sudah tidak asing dengan bahan berupa mentega dan margarin. Kedua bahan tersebut sekilas memang memiliki tekstur dan warna yang sama. Tapi, tahukah Anda, ternyata ada perbedaan dari keduanya. Lantas apa perbedaan mentega dan margarin?

Pasalnya, ketika Anda salah memilih bahan antara margarin dan mentega, maka akan membuat rasa masakan Anda tidak sesuai dengan yang diinginkan. Adapun salah satu perbedaan dari kedua bahan tersebut yang paling terlihat yaitu bahan dasar pembuatannya.

Ilustrasi margarin (Unsplash/Sorin Gheorghita)

Nah, untuk mengetahui perbedaan mentega dan margarin, simak penjelasan di bawah ini.

Memiliki bahan dasar yang berbeda

Perbedaan pertama dari mentega dan margarin adalah bahan dasar. Bahan dasar pembuatan mentega berasal dari salah satu jenis lemak hewani berupa lemak susu.

Adapun margarin memiliki bahan dasar yang berasal dari lemak nabati, yaitu minyak yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan. Pada umumnya, untuk menghasilkan margarin, lemak nabati akan dicampur dengan pengemulsi.

Tekstur

Perbedaan selanjutnya antara mentega dan margarin dapat dilihat dari segi tekstur. Margarin mempunyai tekstur yang lebih padat dan kokoh daripada mentega. Selain itu, dalam suhu ruangan, margarin bersifat tidak mudah meleleh.

Sebaliknya, karena memiliki tekstur yang lebih lembut, mentega lebih mudah leleh saat Anda simpan pada suhu ruangan.

Warna dan aroma

Mentega mempunyai warna kuning pucat, serta mengeluarkan aroma susu. Aroma tersebut tentunya berasal dari lemak susu yang menjadi bahan dasar mentega.

Berbeda lagi dengan margarin yang mempunyai warna kuning pekat, dan tidak menghasilkan aroma susu. Kecuali jika margarin sudah diberi penambah aroma khusus makanan.

Hasil yang diberikan pada kue akan berbeda

Saat Anda membuat kue dengan menggunakan margarin dan mentega, maka akan memberikan hasil yang berbeda. Kue yang dibuat dengan bahan mentega tanpa campuran margarin akan menguarkan aroma susu yang kuat.

Selain itu, tekstur kue yang dihasilkan pun terasa lebih lembut, ringan, dan mudah lumer di mulut. Namun, kue yang memiliki bahan dasar mentega cenderung rapuh, sehingga gampang hancur jika terkena guncangan.

Sementara itu, kue yang berbahan dasar margarin mempunyai tekstur yang lebih kokoh, kuat, dan crunchy. Namun, kekurangannya, margarin kurang memberikan aroma yang kuat pada kue.

Dampak yang diberikan

Mentega memiliki kandungan sejumlah nutrisi yang tidak akan ditemukan pada makanan yang lain. Contohnya, mentega yang bahan pembuatannya berasal dari susu sapi yang diberi makan rumput akan mengandung vitamin K2, yaitu vitamin yang dapat menunjang dan memperbaiki kesehatan tulang. Selain vitamin K2, mentega dari bahan dasar yang baik ini juga memiliki kandungan asam lemak CLA, Butyrate, dan Omega 3.

Demikianlah beberapa perbedaan mentega dan margarin. Sekilas memang terlihat sama. Namun, ternyata mentega dan margarin merupakan dua jenis bahan yang memiliki sejumlah perbedaan. Penggunaan dari kedua bahan tersebut tentunya diperbolehkan dan disesuaikan dengan tujuan Anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi