Bahan Pengganti Kaldu Ayam yang Praktis, Mulai dari Air

| 01 Oct 2023 07:15
Bahan Pengganti Kaldu Ayam yang Praktis, Mulai dari Air
Bahan pengganti kaldu ayam (unsplash)

ERA.id - Anda yang suka masak, pastinya tidak jarang suka mencari cara untuk memperkaya rasa kuliner tanpa harus menggunakan kaldu ayam konvensional. Menariknya terdapat beberapa bahan pengganti kaldu ayam yang dapat Anda gunakan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai alternatif kreatif yang dapat menggantikan kaldu ayam dalam berbagai hidangan favorit Anda. Apa saja?

Kaldu ayam bisa untuk apa?

Selain memberikan rasa lezat pada masakan, menggunakan kaldu ayam yang dibuat melalui proses merebus tulang ayam juga dapat meningkatkan aroma masakan, membuatnya lebih harum. Namun, selain kenikmatannya, kaldu ayam juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Kaldu ayam bisa untuk apa (unsplash)

Salah satu komponen yang terdapat dalam kaldu ayam adalah kolagen. Selama proses perebusan tulang ayam, kolagen ini secara alami terurai bersama dengan gelatin yang dihasilkannya. Gelatin dalam tulang ayam mengandung asam amino yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi kita.

Tidak hanya itu, kaldu ayam juga mengandung senyawa lain seperti glukosamin dan kondroitin yang dapat memperkuat sendi, mengurangi nyeri, dan mengurangi risiko penyakit osteoarthritis.

Kemudian pernahkah Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sop ayam saat sakit? Ada alasan kuat mengapa ini dianjurkan. Selain rasanya yang enak dan cocok saat tubuh tidak dalam kondisi sehat, hidangan yang mengandung kaldu ayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka tak heran, hidangan berbahan dasar kaldu sering dijadikan menu penyembuhan untuk orang yang sakit.

Kaldu ayam mengandung asam amino yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk sistem pernapasan dan pencernaan. Inilah yang membuatnya menjadi pilihan yang baik ketika Anda sedang dalam kondisi sakit.

Rekomendasi Bahan Pengganti Kaldu Ayam

  1. Kaldu Sayuran

Kaldu sayuran adalah pilihan yang mudah karena menjadi pengganti kaldu ayam yang mudah digunakan. Selain itu, kaldu ini memiliki rasa dan warnanya sangat mirip.

  1. Air

Anda dan semua orang pasti memiliki air di rumah! Jika resep Anda memerlukan sedikit kaldu untuk membersihkan wajan atau melarutkan sup, semur, atau saus, coba maka gunakan air saja.

Namun Anda mungkin perlu menambahkan beberapa bumbu seperti garam, merica, atau rempah kering lainnya untuk mendapatkan rasa penuh yang biasanya diberikan oleh kaldu ayam. Namun, jika Anda membuat sup yang kaya kaldu seperti sup ayam dengan mie, air bukanlah pengganti yang terbaik.

  1. Kaldu Ayam Dadu

Periksa di belakang lemari Anda, siapa tahu Anda mungkin sudah memiliki beberapa dadu kaldu ayam yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti kaldu ayam.

Serbuk ajaib kecil ini akan larut dalam air panas dan juga memberikan rasa yang sangat mirip dengan kaldu ayam. Namun ingat bahwa jenus kaldu ini mungkin lebih asin daripada kaldu ayam biasa, jadi cicipi dulu sebelum Anda menambahkan garam lebih banyak.

  1. Wine Putih

Jika resep Anda memerlukan ½ cangkir kaldu ayam atau kurang, anggur putih kering adalah pengganti yang mudah dan beraroma. Selain itu, wine putih akan menambahkan sedikit rasa asam dan sangat bagus digunakan ketika Anda perlu membersihkan wajan atau melarutkan saus.

  1. Kaldu Bubuk

Kaldu bubuk rasa ayam biasanya dijual dalam sebuah wadah kecil. Kaldu instan ini dapat menambahkan kedalaman rasa yang mirip kaldu ayam pada hidangan Anda. Selain itu, Anda dapat meningkatkan rasa lebih banyak lagi dengan menambahkan lebih sedikit air untuk melarutkannya.

  1. Mentega + Air Berasa Gurih

Jika Anda tidak memiliki kaldu dan ingin sedikit lebih memiliki banyak rasa daripada sekadar air biasa, coba gantikan dengan 1 cangkir air ditambah 1 sendok makan mentega.

Perlu diketahui, mentega akan membantu menciptakan rasa yang lebih kaya daripada hanya menggunakan air saja. Namun, jangan gunakan penggantian ini dalam resep-resep di mana kaldu ayam menjadi bahan utama.

Selain bahan pengganti kaldu ayam, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi