Daftar Minuman yang Bikin Gagal Diet, Salah Satunya Mungkin Favoritmu

| 24 Dec 2023 06:05
Daftar Minuman yang Bikin Gagal Diet, Salah Satunya Mungkin Favoritmu
Es teh (pexels)

ERA.id - Selama menjalani program diet, salah satu hal yang paling penting adalah pola makan. Jenis makanan dan minuman bisa berpengaruh bersar terhadap keberhasilan diet, baik menurunkan berat badan maupun meningkatkan.

Sebagian besar orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Namun, tak semua orang yang mencobanya bisa berhasil dengan baik.

Mereka telah melakukan berbagai jenis olahraga penurun berat badan, tapi angka di timbangan tak juga berkurang. Ada kemungkinan, hal ini terjadi karena orang tersebut terlena oleh minuman yang bikin gagal diet.

Daftar Minuman yang Bikin Gagal Diet Menurunkan Berat Badan

Olahraga, pola makan, jenis makanan, dan pola tidur telah dilakukan dengan baik. Namun, hal tersebut kadang bisa terganggu oleh minuman yang yang diminum.

Orang diet kadang tak memperhatikan minuman yang diminum, padahal bisa jadi jenis minuman tinggi kalori. Akibatnya, tubuh tidak berada dalam kondisi defisit kalori. Berat badan pun tak kunjung turun.

Ironisnya, minuman yang bisa menggagalkan diet ini kadang adalah minuman biasa yang bahkan terkesan sehat. Berikut adalah jenis minuman tinggi kalori yang bisa membuat orang diet terlena.

  • Jus

Jus adalah salah satu minuman yang dikenal umum sebagai minuman sehat. Siapa sangka jika minuman ini bisa menghambat penurunan berat badan. Penyebabnya adalah jus bisa mengandung gula tambahan yang tinggi.

Saat seseorang mengonsumsi jus, gula di dalamnya dicerna secara cepat sebab tidak ada nutrisi lain—seperti lemak dan protein—yang bisa memperlambatnya. Jus memang sehat, selama minuman ini hanya mengandung gula alami.

  • Es teh

Secara umum, orang meminum es teh dengan gula tambahan. Jika Anda membeli minuman kemasan, hampir bisa dipastikan minuman tersebut mengandung gula tambahan. Jika Anda tetap ingin minum es teh saat program diet, buatlah sendiri teh tersebut tanpa gula tambahan.

  • Smoothie

Hampir mirip dengan jus, smoothie masuk dalam deretan makanan/minuman sehat. Namun, adanya gula tambahan juga bisa mengganggu diet. Selain itu, porsi yang dikonsumsi juga berpengaruh.

Sajian smoothie dengan campuran pisang, secangkir beri, secangkir yoghurt, dan sedikit susu telah membuat Anda meminum minuman dengan gula tambahan dan kalori. Anda bisa menggantinya dengan mencampurkan satu cangkir yoghurt dan susu berprotein sehingga terasa kenyang meski porsi sedikit.

  • Minuman Kopi

Anda bisa mendapatkan manfaat kopi dengan meminumnya tanpa tambahan gula. Tidak terlalu salah jika Anda menambahkan gula, tapi kadar atau jumlahnya harus benar-benar dibatasi.

Minuman kopi dengan krim juga bisa membuat program diet Anda terganggu. Jika ingin memberikan rasa yang lain, Anda bisa menggantinya dengan susu murni tanpa tambahan gula.

  • Minuman Energi

Minuman energi (pexels)

Orang meminun minuman energi dengan alasan agar fit dan bugar. Padahal, orang yang hidup dengan pola makan sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup sudah bisa memiliki badan yang fit dan bugar tanpa minuman tersebut.

Gaya hidup sehat membuat seseorang selalu merasa berenergi, tak perlu minuman energi. Minuman energi mengandung banyak sekali gula tambahan. Hal ini jelas akan mengganggu program diet yang Anda jalani.

Itulah berbagai jenis minuman yang bikin gagal diet. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi