Kesalahan Menyimpan Kue Kering yang Berakibat Tengik hingga Berjamur

| 06 Apr 2024 10:05
Kesalahan Menyimpan Kue Kering yang Berakibat Tengik hingga Berjamur
Ilustrasi kue kering (unsplash)

ERA.id - Kue kering merupakan hidangan favorit banyak orang, terutama saat momen spesial seperti Lebaran. Namun, terdapat beberapa kesalahan menyimpan kue kering yang membuatnya menjadi melempem, tengik, atau bahkan berjamur.

Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam menyimpan kue kering.

1. Biarkan Dingin Sempurna

Aturan pertama dalam menyimpan kue adalah dinginkan sepenuhnya. Biarkan kue selama 1-2 jam (setelah matang) sebelum disimpan. Panas berlebih menghasilkan kelembaban ekstra, yang membuat kue menjadi lembek, lengket, atau bahkan berjamur.

2. Ganti Toples Kue dengan wadah kedap udara

Toples kue memang lucu dan klasik, tapi tidak kedap udara. Untuk itu, pilihlah wadah kedap udara untuk menjaga kesegaran dan tekstur kue buatan Anda.

3. Jangan Tumpuk Kue yang Diberi Frosting

Meski sudah dingin, jangan tumpuk kue ber-frosting. Kue akan lengket dan rusak. Susun kue ber-frosting dalam satu lapisan, bungkus masing-masing kue, atau gunakan kertas roti/parafin di antara lapisan kue.

4. Simpan Kue Berbeda di Wadah Terpisah

Tidak ada yang mau rasa kue jahe tercampur di kue choco chip bukan? Selain rasa, tekstur kue juga bisa terpengaruh. Kue kering akan menjadi lembek, sedangkan kue lembut akan kehilangan kelembabannya. Untuk itu, simpan masing-masing jenis kue dalam wadah terpisah.

Simpan Kue Berbeda di Wadah Terpisah (unsplash)

5. Gunakan kertas di antara Lapisan Kue

Bukan kertas koran! Gunakan kertas roti atau parafin di antara lapisan kue,meskipun kue tidak ber-frosting atau dekorasi. Selain itu, menggunakan kertas dapat mencegah kue lengket atau patah saat diambil.

6. Jangan Gunakan Microwave pada Kue yang Beku

Microwave tidak cocok untuk memanaskan kue beku. Untuk itu, diamkan kue beku pada suhu ruang atau masukkan ke oven dengan suhu 175°C selama 3-5 menit untuk menyegarkannya.

7. Tidak Semua Kue Bisa Dibekukan

Beberapa kue tidak cocok dibekukan, maka dari itu sebaiknya segera sajikan dan nikmati kue ini dalam keadaan fresh.

8. Anda Membekukan Topping

Hiasan seperti taburan tidak hanya memberikan dekorasi tetapi juga tekstur pada setiap gigitan. Membekukan kue dengan taburan di atasnya hampir dijamin akan merusak kerenyahan ekstra itu. Sebaliknya, hiaslah kue beku setelah didiamkan pada suhu ruangan.

9. Anda Menyimpannya Terlalu Lama

Jika Anda akan menyimpan kue kering pada suhu ruangan (dalam wadah kedap udara itu), tiga hingga lima hari adalah waktu yang ideal. Tetapi di dalam freezer, Anda bisa menyimpan kue hingga 6 bulan. Patokan ini adalah berapa lama berbagai jenis kue dapat bertahan, untuk itu jangan menyimpan melebihi waktunya.

10. Salah Suhu Penyimpanan

Gunakan wadah kedap udara, toples kue, atau kantong plastik untuk mencegah paparan udara dan hilangnya kelembaban. Untuk itu, selalu simpan kue di tempat yang sejuk dan kering.

Kemudian jika Anda harus menyimpan kue di dalam kulkas, sunakan wadah kedap udara atau kantong plastik tertutup rapat untuk menyimpan kue. Selain itu, awasi tingkat kelembaban untuk menghindari pengembunan.

Selain kesalahan menyimpan kue kering, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi