Hadirkan Konsep Alami, Analogue Initiative Singapura Tawarkan Hidangan Berbasis Tanaman

| 01 Jul 2024 20:50
Hadirkan Konsep Alami, Analogue Initiative Singapura Tawarkan Hidangan Berbasis Tanaman
Analogue Initiative Singapura (Istimewa)

ERA.id - Analogue Initiative adalah bar dan restoran koktail terkenal di Singapura yang dibuka di kompleks bangunan bersejarah Chijmes pada tahun 2021. Usaha terbaru dari Vijay Mudaliar, pendiri bar Native yang memenangkan penghargaan, Analogue mendorong batasan budaya bar modern dengan desainnya yang berkelanjutan dan ergonomis, menawarkan masakan berbasis tanaman, dan beragam koktail non-alkohol – menciptakan ruang yang inklusif dan ramah bagi semua tamu.

Berdasarkan konsep Native tentang pengumpulan bahan dan hasil bumi regional, Vijay terinspirasi untuk meninjau sistem makanan melalui perspektif yang sepenuhnya baru. Analogue menghindari makanan yang terlalu banyak dikonsumsi seperti daging sapi, babi, susu, keju, dan bahkan telur dengan menawarkan makanan berbasis tanaman sepenuhnya, yang dapat dinikmati bersama beragam minuman luar biasa baik koktail alkohol maupun non-alkohol yang penuh cita rasa.

Menu koktail telah dirancang untuk menyoroti bahan-bahan yang tidak hanya berkolaborasi dengan lancar dengan hidangan berbasis tanaman, tetapi juga yang berpotensi menjadi masa depan pertanian. The Cactus koktail lahir dari ide bahwa tanaman tahan panas dari keluarga kaktus dan sukulen akan menjadi populer di tengah pemanasan global. Ringan, segar, dan sedikit berasap, minuman berwarna ungu ini menawarkan kombinasi halus dari mezcal, buah pir berduri, buah naga merah muda, dan lidah buaya dalam gelas martini yang dilapisi garam tajin di tepinya. Dalam nada futuristik yang serupa, Spaceman membayangkan apa yang mungkin dibawa oleh pilot NASA ke luar angkasa, baik itu makanan favorit masa kecil seperti selai kacang dan es krim beku-kering, atau buah-buahan kering. Rendisi luar biasa ini melihat Negroni klasik ditingkatkan dengan selai kacang dan anggur kering, yang telah dicampur dan dijernihkan menjadi minuman bening dengan sentuhan lembut dan lezat.

Bagi mereka yang lebih menyukai koktail yang berfokus pada alkohol, Smokey Jerky

menampilkan wiski yang diinfus dengan hickory asap, sherry Palo Cortado, dan maple – yang dihias dengan sepotong 'smoked jerky', dibuat dari jamur king oyster yang direbus dalam marinasi hickory asap. Pecinta cokelat akan merasa terkejut dengan Carob, koktail seperti pencuci mulut yang dibuat dengan carob, legum dari Timur Tengah yang biasa digunakan sebagai pengganti cokelat. Dalam rendisi yang menyenangkan ini, carob disuling dan dicampur dengan krim biji labu, mint, dan pengganti gula xylitol untuk menciptakan ledakan rasa cokelat dan mint.

Menu makanan Analogue adalah kumpulan hidangan berbasis tanaman yang kuat, di mana rasa yang berani berbicara dengan sendirinya. Dipandu oleh rasa inklusivitas yang kuat, hidangan ini sesuai dengan selera dan diet masyarakat, termasuk favorit banyak orang seperti Jackfruit Tacos. Daging buah yang berserabut dimasak lambat hingga sempurna seperti rendang dan dimasukkan ke dalam kulit taco dengan selada butterhead dan mikro ketumbar. Sebelum disajikan, taco ini dipanggang ringan di atas binchō-tan untuk meningkatkan rasa dagingnya yang kaya. Mengapa tidak memasangkan Jackfruit Tacos dengan Nori Fries – kentang goreng dengan bubuk nori dan saus tomat bit asap. Peningkatan rasa asap dan asin dari kentang goreng standar ini adalah pasangan sempurna untuk banyak hidangan lezat, termasuk Nuggetz – nugget berbasis tanaman dengan saus kari buatan sendiri yang menggugah selera, sederhana namun lezat.

Keberlanjutan tidak hanya berakhir dengan makanan & minuman. Bar yang nyaman namun ramah ini telah dirancang untuk pengalaman bersantap yang ringan dengan filosofi sadar lingkungan. Di tengah ruangan terdapat bar cerulean yang mencolok, yang sepenuhnya dicetak 3D dari 1.600 kg botol plastik daur ulang dan membentang sepanjang 20 meter. Bar ini indah, ergonomis, dan inklusif dengan aliran yang mendukung aksesibilitas kursi roda. Mengelilingi bar utama adalah meja-meja kecil untuk suasana yang lebih intim, masing-masing dibuat dari jamur yang disebut miselium. Setiap titik sentuh di bar telah dipertimbangkan dengan hati-hati untuk membuatnya menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi para tamu, sambil memastikan bar tetap setia pada kredensial keberlanjutannya.

Rekomendasi