Nasi Gurih, Resep Sederhana Khas Nusantara

Tim Editor

Nasi Gurih (Anda Mahardhika/era.id)

ERA.id - Bicara tentang santapan nusantara, tentu identik dengan cita rasa rempah yang menggugah selera, terbukti dari banyaknya masakan yang berasal dari berbagai daerah. Tapi ada santapan yang menjadi ciri khas nusantara, salah satunya adalah nasi gurih.

Walaupun kamu mengunjungi berbagai daerah yang ada dari Sabang sampai Merauke, nasi gurih selalu menjadi favorit orang Indonesia. Mungkin, sebagian daerah memberi nama nasi gurih dengan nama yang berbeda, seperti di Jawa Barat, terkenal dengan sebutan nasi liwet, ada juga yang memberi nama nasi uduk, kemudian di daerah Aceh dengan nama nasi guri.

Salah satu pengelola rumah makan Cocorico Bandung, Devina Andriani bilang, lidah orang Melayu memang tak lepas dari nasi gurih.

"Rasa nasi gurih, itu indonesia banget, semua yang berlibur dan datang dari luar kota langsung tertuju pada menu nasi yang cita rasanya kaya rempah, seperti salam, sereh, laos dan berbagai macam jenis bawang ini," jelasnya, Jumat (7/8/2020).

Nasi gurih yang sanget populer ini, sangat mudah diolah namun dalam penyajiannya yang akan membuat nasi tersebut menjadi lebih nikmat. Biasanya pelengkap dari nasi gurih yang paling utama adalah sambal tomat atau ada juga yang menambahkan sambal terasi, kemudian ayam goreng, lalap, perkedel, tempe goreng tepung dan pelengkap lainnya.

Bagi orang Indonesia nasi gurih sudah cukup menggugah selera, setiap daerah bisa melengkapinya sesuai dengan makanan ciri khasnya, bisa dilengkapi dengan Karedok makanan khas sunda, atau bisa dilengkapi dengan urap bahkan rendang dari Padang.

Cara memasak nasi gurih sendiri sangat mudah, masukan rempah-rempah seperti daun salam, sereh, laos, bawang putih dan bawang merah yang dicobek, lalu tak lupa garam dan bumbu penyedap, kemudian masak nasi seperti memasak nasi biasa. Buat yang suka santan, bisa juga ditambahkan agar menambah rasa gurih.

Kelezatan nasi gurih, sangat menggugah selera saat matang. Nasi gurih bisa jadi makanan poko dicampur lauk pauk lain sesuai dengan masakan khas daerahmu.

 

Tag: resep

Bagikan: