Terungkap! Perkedel Ternyata Nama Singkatan, Kamu Harus Tahu

| 13 Sep 2020 14:00
Terungkap! Perkedel Ternyata Nama Singkatan, Kamu Harus Tahu
Perkedel (Begini.id)

ERA.id - Teman dari rawon dan telur asin, perkedel, ternyata punya kisah sendiri di masyarakat Indonesia. Perkedel ternyata sudah diberi singkatan dan ada kepanjangannya. Apa itu?

Perlu diketahui, perkedel dibuat dari kentang goreng atau kentang rebus yang sebelum dilumatkan, lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang, serta daun seledri dan bumbu, kemudian digepengkan lalu dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lantas digoreng.

Kunci membuat perkedel adalah, kentangnya harus digoreng dulu. Sebab, jika direbus, kentang lebih sulit untuk dilekatkan karena kandungan air yang lebih banyak.

Selain terbuat dari kentang, ada pula perkedel yang terbuat dari ubi jalar, singkong, serta dari tahu yang sudah dilumatkan dicampur dengan bumbu dan telur ayam lalu digoreng.

Nama perkedel sendiri berasal dari bahasa Belanda: Frikadel. Wajar, sebab Belanda lama mendiami Indonesia, sehingga mereka bisa mempengaruhi seni memasak negara kita.

Versi asli frikadel dibuat dari daging cincang yang dilumat dan kemudian digoreng, sedangkan di Indonesia perkedel dibuat dengan bahan kentang yang kadang hanya sedikit dibubuhi daging cincang atau kornet.

Bila di Belanda frikadel adalah daging cincang yang dilumatkan kemudian digoreng, masyarakat Indonesia justru membuatnya dengan bahan utama kentang dan telur.

Dari sinilah, nama frikadel diserap dan diplesetkan sedemikian rupa biar terkesan lucu, setelah harga daging sangatlah mahal dan susah didapat. Orang-orang lalu menyebutnya, perkedel, yakni singkatan dari persatuan kentang dan telur.

Tags : yang unik
Rekomendasi