Bolehkan Makan Tempe Mentah dan Apa Saja Efek yang Ditimbulkan?

| 15 Nov 2023 07:00
Bolehkan Makan Tempe Mentah dan Apa Saja Efek yang Ditimbulkan?
Bolehkan makan tempe mentah (X)

ERA.id - Memiliki cita rasa yang gurih dan kaya protein, tempe menjadi salah satu bahan makanan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Lantas bolehkan makan tempe mentah?

Untuk itu melalui artikel ini, kita akan menjelajahi pro dan kontra terkait keamanan makan tempe tanpa proses memasaknya.

Bolehkan Makan Tempe Mentah?

Dilansir dari Get Edgy, Anda bisa makan tempe mentah jika itu diproduksi secara komersial dan pasteurisasi.

Meskipun secara teknis Anda bisa memakan beberapa tempe mentah, itu tidak berarti sebaiknya Anda melakukannya. Sebagian besar tempeh yang dijual harus melalui proses pasteurisasi untuk membuat makanan aman dikonsumsi sebanyak mungkin dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Namun, jika tempeh dibuat di rumah maka selalu diingat bahwa sebagian besar dapur rumahan tidak sebersih atau steril dengan standar komersial. Kemudian, sebagus apapun rasanya tempe namun tidak akan dijaga dengan standar keamanan yang sama seperti garis komersial.

Dengan demikian, aturan umumnya adalah hanya memakan tempe mentah jika dibuat dan dijual secara komersial. Maka pastikan Anda hanya makan tempe mentah yang sudah dipasteurisasi.

Kemudian jika Anda ingin makan tempe mentah, maka rekomendasi terbaik adalah dimakan bersama buah-buahan, karena manisnya buah akan cocok dengan tekstur kacang-kacangan dari tempe.

Apakah anak kecil boleh makan tempe mentah (X)

Apakah memakan tempe mentah berbahaya?

Tempeh komersial cukup aman untuk dimakan mentah. Meskipun mungkin tidak selalu terasa enak seperti tempe yang dimasak di rumah. Faktanya, secara umum menikmati tempe mentah tidak akan mendatangkan efek yang merugikan.

Di sisi lain, tempe yang tidak dipasteurisasi dan buatan sendiri di rumah memang dapat berbahaya saat dimakan mentah. Tempe mentah dapat mengandung bakteri dan mikroorganisme berbahaya bagi kita yang mudah dihilangkan saat dimasak.

Tanpa proses memasak, Anda jauh lebih mungkin mengalami peradangan dan sakit perut, misalnya, jika memakan tempe mentah.

Selain itu ingat pula, bahkan tempeh yang dibeli di toko tidak selalu begitu enak saat dimakan mentah.

Meskipun biasanya aman dikonsumsi, tempeh komersial mentah yang dicampur dengan saus berminyak seperti mayones atau saus salad, misalnya) tidak selalu cocok di lidah.

Rasa aneh disebabkan oleh kelembaban yang terjebak saat udara terhalang. Hal ini menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri anaerobik tertentu untuk berkembang biak, yang akan membuat tempe terasa agak 'aneh'.

Apakah anak kecil boleh makan tempe mentah?

Lebih baik bagi anak-anak Anda untuk mengonsumsi tempe yang telah dimasak daripada memakan tempe mentah. Keputusan ini tidak diambil tanpa alasan, karena kebersihan tempe mentah tidak dapat dijamin.

Para dokter lebih menyarankan mengonsumsi tempe yang telah dimasak. Memakan tempe mentah sangat tidak disarankan karena kebersihannya tidak terjamin selama proses pembuatan tempe.

Contohnya, dalam pembuatan tempe yang mungkin tidak menggunakan sarung tangan, masker, atau bahkan pembuat tempe tidak mengenakan pakaian, yang dapat menyebabkan keringat menetes ke tempe. Selain itu, pada saat penjualan, tempe mungkin ditempatkan di tempat yang tidak steril di jalanan.

Lebih lanjut, bahwa sistem kekebalan tubuh anak-anak belum sepenuhnya matang dan tidak sekuat orang dewasa. Oleh karena itu, disarankan agar anak-anak tidak mengkonsumsi tempe mentah.

Selain bolehkan makan tempe mentah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : kesehatan tempe
Rekomendasi