Jangan Sampai Salah, 5 Etika yang Harus Diterapkan Saat Minum Alkohol di Korea

| 24 Mar 2021 14:15
Jangan Sampai Salah, 5 Etika yang Harus Diterapkan Saat Minum Alkohol di Korea
Ilustrasi minuman beralkohol (Dok.metro.style)

ERA.id - Bagi penyuka drama Korea pastinya sudah sering melihat adegan para pemainnya minum soju ataupun minuman alkohol lainnya. Mengonsumsi alkohol sudah menjadi budaya yang kental di Korea sejak dulu. Masyarkat Korea biasa mengonsumsi alkohol dengan teman, partner kerja, bahkan bersama keluarga.

Menjadi budaya tersendiri di Korea, ternyata meminum alkohol memiliki etika dan aturannya sendiri lho. Jika tidak mengetahui aturan ini dan minum secara sembarangan bisa dianggap tidak sopan dan tidak menghargai teman minum. Apa saja etika minum alkohol di Korea? Yuk cek langsung ulasannya di bawah ini, yang dilansir dari Thesmartlocal.com.

1. Hormati orang yang lebih tua dengan pegang gelas menggunakan dua tangan 

Menghormati orang yang lebih tua sudah menjadi etiket yang penting dalam kehidupan sosial di Korea, baik saat minum alkohol ataupun di kehidupan sehari-hari. Saat minum alkohol bersama orang yang lebih tua ataupun dengan atasan di tempat kerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Jika orang yang lebih tua menawarkan untuk menuangkan minuman ke gelas, kamu dapat berdiri ataupun berlutut. Selain itu, berikan gelas milik kamu dengan memegangnya menggunakan kedua tangan, dan jangan lupa untuk menundukkan kepala. Biasanya tangan kiri memegang bagian bawah gelas, dan tangan kanan memegang samping gelas. 

Setelah minuman selesai ke dalam gelas, kamu bisa kembali duduk ke tempat semula tetapi jangan langsung meminumnya. Tunggu hingga orang yang lebih tua tersebut berkata "gunbae" atau "cheers". Saat meminum, palingkan pandangan ke arah samping.

2. Terima jika ditawarkan untuk minum bersama

Ketika seseorang mengajak untuk pergi minum bersama, hal yang harus dilakukan adalah menerima ajakannya. Meskipun terkesan memaksa, etika yang satu merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain di Korea. 

Jika menolak ajakan minum bersama akan dianggap perilaku buruk dan tidak menghargai orang yang mengajak tersebut. Menolak ajakan minum dapat diartikan memberi penghinaan dan merusak hubungan dengan orang tersebut.

Ilustrasi minuman beralkohol (Dok.thedrum.com)

Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara halus untuk menolak ajakan minum. Caranya yaitu, katakan jika kamu akan menyetir, atau sedang dalam masa pengobatan, dan bisa juga mengatakan bahwa kamu tidak boleh minum sesuai dengan agama yang dianut. Jika kamu benar-benar tidak bisa menolak ajakan tersebut, cukup temani saja ataupun minum hanya gelas pertama. Katakan hal ini secara langsung agar teman tidak merasa tersinggung.

3. Jangan menuang alkohol ke dalam gelas sendiri

Etika minum di Korea lainnya yang harus diketahui adalah jangan pernah menuang minuman ke gelas sendiri jika sedang minum bersama orang lain. Meskipun sering dianggap kuno, sikap ini sudah menjadi budaya minum di Korea sejak dulu, dan sampai saat ini tetap dilakukan.

Ketika minum bersama, setiap orang akan bergantian menuang minuman. Jika menuang minuman ke gelas orang lain, pegang botol dengan kedua tangan. Hal ini menunjukkan kesopanan. Saat gelas kosong, kemungkinan besar teman minum tersebut akan terus menuangkan minuman kembali. Namun, jika ingin beristirahat atau tidak ingin minum lagi, cukup sisakan minuman setengah di gelas.

4. Habiskan gelas pertama dalam sekali teguk

Ketika memulai kegiatan minum bersama di Korea, satu hal yang pasti harus dilakukan adalah menghabiskan gelas pertama dalam sekali teguk atau one shot. Gak perlu khawatir, hal ini hanya berlaku untuk gelas pertama saja.

Ilustrasi minuman beralkohol (Dok.Soompi.com)

Untuk gelas-gelas selanjutnya dapat diminum secara perlahan. Menghabiskan gelas pertama dalam sekali teguk akan menentukan suasana minum saat itu dan akan dianggap bahwa kamu menikmati acara tersebut.

5. Pilih makanan yang sesuai untuk minum di Korea

Menikmati alkohol ditemani dengan makanan pendamping lainnya merupakan suatu keharusan di Korea. Bahkan hal ini memiliki sebutan sendiri oleh masyarakat Korea. Makanan yang cocok untuk teman minum alkohol disebut dengan "anju". 

Makanan yang biasa dikonsumsi saat minum biasanya bercita rasa pedas dan asin. Adapun makanannya seperti, kentang goreng, ayam goreng, gurita dan cumi goreng pedas, kerang rebus, daging panggang dan odeng atau fish cake khas Korea. Jenis makanan ini harus diketahui, apalagi jika kamu menjadi tuan rumah sebuah pesta. Selain itu, orang Korea juga tidak terlalu suka jika minum tanpa adanya sepiring camilan untuk disantap.

Itulah beberapa etika minum alkohol di Korea. Jadi, buat kamu yang ingin liburan ke Korea, yuk ingat kelima hal di atas jika tidak ingin dianggap tidak sopan ya.

Rekomendasi