Jadi Pelengkap Rasa, 3 Makanan Khas Jepang yang Dibuat dengan Campuran Sake

| 02 Jan 2022 21:00
Jadi Pelengkap Rasa, 3 Makanan Khas Jepang yang Dibuat dengan Campuran Sake
Makanan Jepang campuran sake (Unsplash)

ERA.id -

Minuman alkohol khas Jepang, sake, nyatanya bisa dijadikan bahan tambahan masakan, lho. Terdapat dua jenis sake, yakni yang bisa diminum dan yang hanya bisa digunakan untuk memasak.

Dengan begitu, tak dipungkiri bahwa sebagian besar makanan khas Jepang menggunakan sake sebagai campuran untuk menambah kenikmatannya sesuai selera. Inilah beberapa makanan Jepang yang dibuat menggunakan sake, dilansir dari Just One Cookbook.

1. Sukiyaki

Sukiyaki (Unsplash.com)

Sukiyaki merupakan makanan khas Jepang yang dibuat dengan konsep hot pot. Makanan ini berisi daging sapi, jamur shitake, telur, tahu, daun bawang, dan lainnya.

Kaldu pada makanan berkuah ini memiliki rasa gurih dan manis. Kaldunya biasanya merupakan campuran dari kecap, bumbu khas kuahnya, dan tambahan sake.

2. Teriyaki

Teriyaki (Unsplash.com)

Teriyaki merupakan salah satu metode memasak khas Jepang, yakni memanggang bahan makanan seperti daging sapi dan ayam dengan campuran saus. Saus yang digunakan untuk membuat teriyaki terbuat dari kecap, mirin, gula, dan sake.

Dalam hal ini, Sake tak hanya digunakan sebagai campuran saus. Sake juga digunakan untuk menghilangkan bau ayam atau daging, serta mengempukkan daging yang akan diolah.

3. Chawanmushi

Chawanmushi (wikimedia)

Chawanmushi adalah hidangan puding telur khas Jepang. Berbeda dengan puding telur lainnya yang disantap sebagai makanan penutup, chawanmushi biasa disantap dengan makan lainnya. Makanan yang satu ini mengandung bahan-bahan yang menghasilkan rasa gurih ketimbang manis, seperti sake.

Rekomendasi