Simple dan Praktis, 5 Kreasi Menu Sahur untuk Anak Kos

| 13 Apr 2021 21:45
Simple dan Praktis, 5 Kreasi Menu Sahur untuk Anak Kos
Omelet, menu sahur praktis (pixabay/@mhburton)

ERA.id - Bagi anak perantauan yang ngekos dan tinggal sendiri, tentunya menyiapkan makanan buka puasa dan sahur juga dilakukan sendiri. Bagi anak kos tak perlu bingung untuk memasak makanan sahur, karena di bawah ini ada beberapa kreasi menu sahur yang simple dan sangat dipraktis untuk dibuat. 

Apa saja? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini.

1. Omelet mie instan

Menu yang pertama ini sangat mudah untuk dibuat dan juga sangat murah. Untuk membuat menu ini hanya membutuhkan mie instan dan dua butir telur. Jika ingin rasa tambahan, kamu bisa menambahkan cabai bubuk dan daun bawang.

Cara membuatnya gak ribet, hanya dengan rebus mie kemudian masukkan ke dalam telur. Setelah itu, masukkan juga daun bawang, cabai bubuk, dan sedikit garam ke dalamnya. Aduk semua bahan hingga tercampur merata. Lalu panaskan minyak di panci atau rice cooker, dan goreng. Tunggu hingga omelet mie matang dengan warna kuning kecoklatan.

2. Tempe orek

Untuk makanan yang satu ini cara membuatnya juga sangat praktis, dan juga murah. Selain itu, makanan yang satu ini juga mengandung banyak protein yang baik bagi tubuh. 

Cara membuatnya juga gampang banget. Potong tempe menjadi berbetuk korek api, lalu goreng hingga seteengah matang. Siapkan irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Kemudian tumis semua bahan, dan masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalamnya. Tambahkan garam dan kecap untuk menambah rasa nikmat dari tempe orek.

3. Sayur orak-arik

Membuat sayur orak-arik tak seribet yang kamu pikirkan. Ini merupakan salah satu menu sahur yang sangat praktis, tapi rasanya sangat nikmat dan tentunya bergizi. Cukup dengan menyediakan sayuran buncis secukupnya, wortel, bawang merah dan putih, serta satu butir telur, kamu sudah bisa membuat menu ini.

Potong semua bahan sayuran menjadi kecil-kecil, sesuai dengan selera. Kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan semua sayuran yang sudah dipotong ke dalamnya. Masukkan telur ke dalamnya, lalu orak-arik hingga telur dan bahan sayuran tercampur merata. Tunggu hingga matang dan sayur orak-arik sudah siap untuk disantap.

4. Oatmeal pisang

Oatmeal pisang (unsplash/@federyka)

Ingin menu sahur yang lebih praktis lagi? Oatmeal pisang bisa menjadi pilihan kamu. Tak perlu repot memasak, membuat menu yang satu ini kamu hanya memerlukan air panas atau susu panas untuk memasaknya. 

Masukkan oatmeal secukupnya ke dalam mangkuk, lalu tuang air panas atau susu ke dalamnya. Tunggu hingga oatmeal melembut. Setelah itu, letakkan irisan pisang di atasnya, dan oatmeal pisang sudah siap untuk dinikmati.

5. Sayur bening

Sayur bening (unsplash/@reskp)

 Jika ingin menyantap hidangan sehat saat sahur, kamu bisa coba dengan memasak sayur bening. Beli saja sayuran seperti brokoli, wortel, atau yang lainnya sesuai kesukaan. Kamu bisa memasak sup sayuran ini di rice cooker lho.

Caranya dengan masukkan air secukupnya ke dalam rice cooker dan tunggu hingga mendidih. Lalu masukkan irisan bawang, kemudian wortel dan garam sesuai selera. Tunggu hingga wortel sudah lembut, lalu masukkan brokoli. Kamu juga bisa tambahkan potongan sosis ke dalamnya biar rasa lebih bervariasi. Sayur bening simple kamu sudah jadi deh.

Nah, itulah beberapa kreasi menu praktis dan simple anak kos untuk santapan sahur. Selamat menjalani ibadah puasa. 

Rekomendasi