Menu Sahur Anak Kos Tanpa Dimasak, Bikin Kenyang dan Sehat

| 17 Mar 2024 03:32
Menu Sahur Anak Kos Tanpa Dimasak, Bikin Kenyang dan Sehat
Menu sahur anak kos tanpa dimasak (unsplash)

ERA.id - Bagi anak kos, sahur seringkali menjadi tantangan tersendiri di bulan ramadan. Keterbatasan dapur dan waktu menjadi penghambat, namun jangan khawatir karena terdapat beberapa menu sahur anak kos tanpa dimasak lho.

Artikel ini hadir untuk membantu anak kos dengan menyajikan berbagai menu sahur praktis tanpa perlu dimasak. Menu-menu berikut ini mudah dibuat, hemat waktu, dan tak kalah bergizi untuk menunjang ibadah puasa.

Rekomendasi Menu Sahur Anak Kos Tanpa Dimasak

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan protein. Variasikan oatmeal dengan berbagai topping yang Anda sukai dan menyehatkan.

Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan topping seperti buah-buahan, madu, kacang-kacangan, atau yoghurt untuk meningkatkan nilai gizinya.

  1. Roti Gandum

Rekomendasi terbaik untuk santap sahur adalah roti gandum yang dikombinasikan dengan selai kacang dan pisang.

Roti gandum kaya akan serat, sedangkan selai kacang dan pisang merupakan sumber protein dan kalium yang baik. Kombinasi ini akan membuat Anda kenyang lebih lama hingga waktu berbuka tiba.

  1. Smoothies buah dan yoghurt

Menikmati santap sahur dengan smoothies adalah cara praktis untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral.

Cobalah untuk mencampurkan yoghurt, buah-buahan favorit Anda, dan susu atau air ke dalam blender dan nikmati smoothies segar dan sehat.

  1. Sereal

Sereal dengan kombinasi susu atau yoghurt adalah pilihan tepat untuk anak kos. Sereal merupakan pilihan sahur yang mudah dan praktis. Pilihlah sereal gandum utuh yang kaya serat dan rendah gula untuk manfaat kesehatan yang optimal.

  1. Salad buah dan yoghurt

Salad buah kaya akan vitamin dan mineral, dan yoghurt memberikan tambahan protein dan kalsium. Menu ini segar dan cocok untuk sahur, namun bila Anda memiliki penyakit asam lambung sebaiknya hindari pilihan ini.

  1. Overnight Oats

Anda dapat menggunakan susu almond, susu oat, yoghurt Yunani, madu, sirup maple, atau stevia sebagai pemanis overnight oat. Selain itu, Anda dapat memilih susu dan pemanis sesuai selera dan kebutuhan diet.

Untuk tambahan topping, gunakan kacang almond, kacang mete, walnut, chia seed, granola, potongan buah segar, atau kismis. Beberapa topping ini dapat menambah rasa, tekstur, dan nutrisi pada overnight oats.

Tips: Simpan overnight oats dalam wadah kedap udara agar tahan lama di kulkas. Perlu diketahui, overnight oats dapat disimpan hingga 3 hari di kulkas.

Variasi Overnight Oats (unsplash)
  1. Puding Chia Seed

Anda dapat menggunakan berbagai jenis susu (almond, susu oat, yoghurt Yunani) dan pemanis seperti madu, sirup maple, atau stevia. Anda juga dapat memilih susu dan pemanis sesuai selera atau kebutuhan diet.

Sebagai tambahan rasa, cobalah berkreasi dengan bubuk kayu manis, bubuk vanila, atau bubuk coklat. Puding chia seed ini sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara agar tahan lama di kulkas.

  1. Sushi Roll

Sushi roll untuk sahur? Siapa takut! Terdapat lebih banyak pilihan isian, Anda dapat menggunakan salmon asap, tuna, crab stick, telur dadar, timun, wortel, dan alpukat. Pilihan isian tersebut tentunya sesuai dengan selera dan budget Anda.

Selain itu, Anda dapat menggunakan nasi sushi putih atau nasi merah. Namun, nasi merah lebih kaya serat dan vitamin B dibandingkan nasi putih.

Tips: Gunakan nori berkualitas agar sushi roll tidak mudah hancur. Selain itu, basahi tangan Anda sebelum memegang nasi agar tidak lengket.

Selain menu sahur anak kos tanpa dimasak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi