10 Street Food Korea yang Wajib Dicoba Saat Liburan Musim Dingin

| 15 Feb 2022 17:35
10 Street Food Korea yang Wajib Dicoba Saat Liburan Musim Dingin
Ilustrasi street food Korea Selatan (Unsplash/(っ◔◡◔)っ Clement 🇰🇷)

ERA.id - Di Korea Selatan, musim dingin masih berlangsung pada bulan Februari ini. Selama musim dingin street food menjadi pilihan camilan yang paling dicari warga Korea untuk menghangatkan perut yang dingin.

Dirangkum dari rilis Kimbab Family, berikut 10 macam street food khas musim dingin di Korea yang patut dicoba.

1. Hodugwaja

Kue dengan adonan yang lembut dan isian kacang merah serta walnut.

2. Ddangkong gwaja 

Disebut juga kue kacang tanah. Merupakan salah satu jajanan tradisional Korea yang kini sulit ditemui. Kue ini menggunakan adonan yang sama dengan hodugwaja, tetapi isiannya adalah kacang tanah utuh.

3. Ingeoppang

Bentuknya mirip dengan bungeoppang. Perbedaannya terletak di adonannya yang menggunakan tepung ketan, sehingga teksturnya lebih kenyal. Varian rasanya antara lain kacang merah dan custard.

4. Gyeran ppang

Atau kue telur yang bagian bawahnya adalah roti dengan cita rasa manis dan dipadukan dengan telur yang gurih di bagian atasnya. Gyeran ppang merupakan makanan yang dulu sering Appa Jay makan sepulang sekolah bersama teman-temannya.

(Deretan jajan street food musim dingin di Korea Selatan/Kimbab Family)

5. Hotteok

Bagian dalamnya diisi dengan gula, kayu manis, dan wijen, kemudian digoreng. Hotteok merupakan jajanan favorit Mama Gina saat pertama kali mengunjungi Korea.

6. Bubble hotteok

Dulu disebut gonggal ppang. Bentuknya menggembung dan di dalamnya hanya diolesi gula, kayu manis, dan wijen. Bubble Hotteok ini merupakan kesukaan Appa Jay karena teksturnya garing.

7. Oksusu

Atau jagung rebus yang berwarna ungu dan kuning. Berbeda dengan jagung manis yang ada di Indonesia, rasa jagung ini lebih hambar tetapi lama-kelamaan terasa manis saat dikunyah.

8. Gungoguma

Berupa ubi panggang yang dahulu merupakan jajanan favorit masyarakat Korea saat musim dingin. Mama Gina menggambarkan rasanya mirip seperti ubi

Cilembu.

9. Gunbam

Atau chestnut yang dibuat dengan cara dipanggang dan memiliki rasa manis.

10. Permen dalgona

Yaitu jajanan khas Korea yang semakin populer berkat serial Squid Game. Sebelum dimakan, ada permainan yang dilakukan dengan memilih pola yang dicetak di atas permen dalgona, misalnya bentuk payung, segitiga, persegi, dan lain-lain. Setelah pola dicetak, pembeli yang berhasil membelah permen dalgona sesuai pola akan mendapatkan bonus permen atau hadiah lainnya.

Nah, itulah jajanan khas Korea Selatan yang bisa ditemui saat liburan musim dingin.

Rekomendasi