Cairan Infus Warna Pink Ternyata Punya Fungsi Beda dengan yang Bening

| 11 Jul 2024 21:02
Cairan Infus Warna Pink Ternyata Punya Fungsi Beda dengan yang Bening
Cairan infus warna pink (freepik)

ERA.id - Di dunia medis, kita sering menjumpai berbagai macam cairan infus dengan warna yang berbeda-beda. Namun baru-baru ini yang sedang menjadi trend adalah cairan infus warna pink.

Apakah cairan infus ini memiliki khasiat khusus? Artikel ini akan mengupas tuntas tentang cairan infus yang berwarna pink, mulai dari kandungannya, manfaatnya, hingga beberapa fakta menarik di balik warnanya.

Mengenal Cairan Infus Warna Pink

Mungkin akhir-akhir ini Anda menjumpai cairan infus berwarna pink, di berbagai klinik kecantikan atau layanan homecare. Perlu diketahui, cairan infus ini merupakan neurobion yang mengandung vitamin B kompleks, yaitu vitamin B1, B6, dan B12.

Dilansir dari laman, National Library of Medicine terkait dengan warna pink atau kemerah-merahan pada cairan infus vitamin disebabkan oleh vitamin B12 lah. Para ilmuwan menggunakan teknik analisis canggih untuk membuktikan keberadaan Vitamin B12 ini pada produk berwarna merah.

Hingga ditemukan hubungan antara Vitamin B12 dan warna merah yang semakin kuat dengan ditemukannya korelasi langsung antara kadar kobalt (dianggap sama dengan kadar Vitamin B12) dengan tingkat kemerahan produk.

Secara ilmiah dijelaskan jika vitamin B12 yang dipakai dalam media kultur sel berbentuk sianokobalamin. Fungsinya sebagai penolong untuk sintesis DNA sel. Namun, paparan cahaya dapat mengubah sianokobalamin menjadi hidroksokobalamin, dan perubahan ini bisa mencapai 80% dalam waktu 10 hari.

Apa Manfaat Neurobion (freepik)

Apa Manfaat Neurobion?

Neurobion sendiri biasanya diberikan kepada pasien yang mengalami kekurangan vitamin B kompleks. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti kelelahan, kesemutan, kebas, anemia, dan masalah pencernaan.

Meskipun demikian, neurobion umumnya aman digunakan, namun beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Jika Anda mengalami efek samping setelah menerima infus Neurobion, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Dilansir dari laman AI Care, vitamin B kompleks merupakan kelompok vitamin yang terdiri dari 8 jenis vitamin yang saling terkait dan berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat utama vitamin B kompleks:

1. Mendukung Metabolisme Energi

Vitamin B kompleks membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dengan berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Efeknya dapat membuat tubuh Anda merasa lebih berenergi dan tidak mudah lelah.

2. Menjaga Kesehatan Saraf dan Otak

Vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan otak. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan kelelahan, kesemutan, mati rasa, hingga masalah memori dan konsentrasi.

3. Meningkatkan Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin B kompleks juga membantu tubuh melawan infeksi dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun ketika tubuh Anda kekurangan vitamin B kompleks maka dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Seperti biotin dan niacin, vitamin ini juga membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan kulit kering, rambut rontok, dan kuku rapuh.

5. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, pusing, dan sesak napas.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain dari Vitamin B kompleks yaitu menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan mendukung kesehatan mental.

Selain cairan infus warna pink, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi