Tidak Manjain Anak, Cara Zaskia Adya Mecca Ajarkan Kemandirian

| 29 Jul 2024 14:30
Tidak Manjain Anak, Cara Zaskia Adya Mecca Ajarkan Kemandirian
Pola Asuh Zaskia Adya Mecca (Instagram/@zaskiadyamecca)

ERA.id - Zaskia Adya Mecca mengungkapkan, ia sudah mengajarkan anak-anaknya untuk mandiri sejak kecil. Ibu dari lima anak ini memang begitu memerhatikan pola asuh pada anaknya. 

Salah satu cara yang ia dan Hanung terapkan agar anak mandiri adalah dengan tidak memanjakan anak mereka karena memiliki asisten rumah tangga (ART).

Zaskia meminta para ART di rumahnya untuk membantunya mendidik anak-anaknya juga, bukan melayani mereka. 

“Aku punya prinsip sama mas Hanung, kita punya ART di rumah bukan untuk melayani. Aku nggak mau anak-anak aku punya pelayan di usia mereka dini. Mereka belum bisa bayar untuk punya pelayan, yang di rumah itu ada pendidik semua anak-anakku,” ungkap Zaskiq Adya Mecca saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2024). 

“Jadi aku bilang sama semua mba aku di rumah, kalian bukan pelayannya anak-anakku, jangan meladenin semuanya, tapi kalian bantu aku untuk mendidik mereka,” tambahnya. 

Menurut Zaskia mengajarkan kemandirian pada anak sejak dini adalah hal yang wajib dilakukan untuk membentuk karakter pejuang dalam dirinya.

Ia mengatakan kehidupan anak-anaknya berbeda dengan dirinya dahulu, yang berasal dari keluarga biasa saja sehingga harus berjuang untuk hidup lebih baik. 

Dengan demikian, anak-anaknya saat ini harus diajarkan kemandirian sejak dini agar memiliki mental pejuang dan tidak menjadi pribadi yang manja, meskipun semua kebutuhan mereka sudah terpenuhi. 

“Wajib (kemandirian). Saya dulu orangtua dengan kondisi yang nggak terlalu mewah dan berada semuanya, aku, adik dan kakakku tumbuh di keadaan yang sulit. Jadi kita mempunyai mental penjuang. Paling tricky gimana cara mendidik anak-anak di keluarga yang settle, yang semuanya ada, gimana supaya mereka tumbuh jadi anak-anak yang punya jiwa pejuang juga,” jelasnya. 

Hal sederhana yang diajarkan Zaskia untuk anaknya mandiri adalah membersihkan sendiri piring makan yang mereka gunakan. Kemudian ia juga mengajarkan agar anak-anaknya membersihkan tempat tidur mereka sendiri, tidak meminta bantuan dari ART. 

“Itu makanya aku didik anak-anak dari sedini mungkin, hal kecil habis makan cuci piring sendiri, tanggung jawab sendiri. Ada mba, bukan pelayan mereka, itu yang harus kita kuat-kuatin hati kita. Walaupun ada kemudahan, jangan ambil kemudahan itu,” tuturnya. 

“Yang mandiri lain aku biasakan kalau mereka sudah lewat 3 tahun, mereka harus merapikan semua sendiri, kayak bantal, guling, mereka rapikan sendiri,” pungkas Zaskia Adya Mecca. 

Rekomendasi