3 Latihan Otot Betis biar Tampak Lebih Ramping

| 05 Aug 2024 18:15
3 Latihan Otot Betis biar Tampak Lebih Ramping
Ilustrasi latihan otot betis agar lebih ramping (Freepik)

ERA.id - Penumpukan lemak di betis bisa membuat betis terlihat tidak berbentuk bahkan tampak lebih berisi. Tak hanya itu, lemak betis juga bahkan dapat memengaruhi dan mengganggu penampilan fisik seseorang. 

Dilansir dari WebMD, ternyata ada beberapa latihan sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak betis. Apa sajakah latihan tersebut? Simak ulasan berikut. 

Latihan otot betis

Tidak percaya diri dengan tampilan otot betis yang terlalu gemuk? Berikut beberapa latihan otot betis yang bisa dilakukan setiap hari agar tampak lebih ramping. 

Ilustrasi latihan peregangan betis
Ilustrasi latihan peregangan betis (pexels)

1. Peregangan otot kaki

Peregangan otot kaki merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan setiap hari untuk mengecilkan ukuran betis. Cara melakukannya cukup mudah, yakni berdiri tegak, atur posisi kaki dengan kaki kanan di belakang kaki kiri. 

Tekuk kaki kiri ke depan dan jaga lutut kanan Anda tetap lurus dan tumitnya menyentuh langai. Jaga punggung tetap lurus dan pinggul ke depan.

Tahan posisi ini selama 30 detik hingga otot betis terasa mengencang. Untuk memperdalam peregangan ini, dapat sedikit menekuk lutut kanan sambil menekuk kaki kiri, ganti kaki secara berulang.

2. Menggunakan sepeda statis

Sepeda statis dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran betis. Ini lantaran penggunaan sepeda statis dapat menurunkan lemak bagian kaki, termasuk betis.

Rutin menggunakan sepeda statis untuk olahraga juga bagus untuk kesehatan jantung. Olahraga ini juga mudah dan dapat dilakukan di dalam ruangan.

3. Melakukan HIIT

High intensity interval training (HIIT) sangat baik untuk menurunkan berat badan. Pasalnya setiap gerakan HIIT menargetkan semua anggota tubuh sehingga menjadi salah satu pilihan bagus untuk mengecilkan ukuran betis. 

Beberapa gerakan HIIT yang bisa dilakukan untuk bantu kecilkan betis adalah squat, lompat tali, seal jump, hingga one leg wall sit. Gerakan-gerakan tersebut fokus pada bagian tubuh sehingga memperkuat dan mengencangkan betis. 

Rekomendasi