9 Latihan Fisik sebelum Naik Gunung yang Harus Dijalani Pendaki Pemula

| 02 Oct 2023 21:15
9 Latihan Fisik sebelum Naik Gunung yang Harus Dijalani Pendaki Pemula
Ilustrasi naik gunung (Freepik)

ERA.id - Naik gunung atau hiking merupakan kegiatan outdoor yang terhitung berat, sehingga perlu persiapan fisik terlebih dahulu. Apalagi bagi pendaki pemula yang belum pernah mengikuti hiking atau baru beberapa kali melakukan pendakian. Ada beberapa latihan fisik sebelum naik gunung yang bisa Anda jalani. 

Kegiatan mendaki gunung membutuhkan fisik yang prima dan energi ekstra. Anda harus menempuh perjalanan selama berjam-jam dengan trek menanjak dan bermedan berat. Apabila fisik kurang mumpuni, maka dipastikan Anda mudah kelelahan dan tidak kuat melanjutkan perjalanan. 

Selain itu, kegiatan hiking juga memerlukan keterampilan tertentu yang berguna melancarkan proses pendakian. Lantas apa saja latihan fisik sebelum naik gunung yang bisa Anda persiapkan?

naik gunung (Freepik)

Latihan Fisik sebelum Naik Gunung

Supaya bisa mendaki gunung dengan lancar dan mencapai puncaknya, maka dibutuhkan stamina yang kuat dan keterampilan fisik yang baik. Sebelum mendaki gunung, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan yang bakal menguatkan stamina dan meningkatkan keterampilan Anda menghadapi berbagai medan di gunung. 

Berikut ini beberapa latihan fisik sebelum naik gunung yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh. 

Olahraga Kardio

Olahraga kardio akan membantu meningkatkan stamina pendaki pemula sehingga mampu menempuh perjalanan dalam waktu lama saat pendakian. Selain itu, olahraga ini juga melatih pernapasan, sehingga pendaki bisa mengatur napas da tidak ngos-ngosan atau tersenggal-senggal saat melewati trek menanjak. Dengan menjalani olahraga ini, tulang dan sendi Anda juga terlatih semakin kuat

Pullup

Pullup merupakan gerakan menggantungkan kedua tangan di gawang, kemudian mengangkat beban tubuh ke atas. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, seperti bahu, punggung, dan lengan. Kedua anggota tubuh ini akan bekerja ekstra saat pendakian, khususnya ketika harus membawa tas carrier atau perlengkapan hiking. 

Squat

Latihan fisik lainnya yang dapat dilakukan sebagai persiapan mendaki adalah squat. Gerakan olahraga ini perlu dilakukan secara rutin dalam waktu 3 atau 4 bulan sebelum berangkat mendaki. Latihan ini membantu meningkatkan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh bagian bawah, seperti kaki, paha, dan bokong. Pasalnya perjalanan pendakian menuntut gerakan utama pada kaki atau bagian bawah tubuh.

Heel Down

Heel down merupakan gerakan menumpukan berat badan di satu kaki, sementara kaki lainnya dalam posisi lurus. Kemudian kaki tumpuan digerakan naik dan turun dengan menekuk lutut secara statis. Gerakan ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan lutut, serta keseimbangan mengendalikan berat badan.

Stepup

Steupup memanfaatkan tangga bisa Anda lakukan sebagai latihan fisik sebelum mendaki gunung. Latihan ini berguna sebagai persiapan untuk menghadapi trek di gunung yang menanjak. Anda bisa memanfaatkan tangga untuk melatih kaki dan lutut secara rutin, sehingga akan terbentuk bagian bawah tubuh yang kuat mulai dari kaki, pantat, paha depan, serta engkel.

Berenang

Berenang juga bisa menjadi latihan fisik terbaik sebelum melakukan pendakian. Saat berenang, Anda akan melatih pernapasan serta anggota tubuh lainnya. Hiking merupakan aktivitas yang melibatkan gerakan seluruh bagian tubuh. Jadi renang bisa menjadi latihan untuk meningkatkan pernapasan dan mengolah bagian tubuh secara keseluruhan. 

Pushup

Pushup merupakan gerakan yang berguna untuk melatih otot tangan. Kekuatan tangan sangat dibutuhkan dalam pendakian gunung, yakni ketika Anda harus mendaki tebing atau meraih tali di medan dengan kemiringan curam. 

Angkat Bahu

Angkat bahu merupakan latihan yang berfokus pada gerakan lengan dan bahu. Latihan ini dilakukan dengan alat bantu dua dumbbell yang dipegang di masing-masing tangan. Gerakkan ini berguna sebagai latihan menggendong tas dengan beban yang cukup berat saat pendakian

Lompat Tali

Lompat tali juga bisa jadi latihan fisik yang dapat Anda lakukan saat akan mendaki gunung. Latihan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot betis serta memperkuat kaki secara keseluruhan.

Demikianlah beberapa latihan fisik sebelum mendaki gunung yang bisa Anda lakukan dalam waktu 3-4 bulan sebelum berangkat hiking. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang membutuhkan fisik prima dan stamina kuat maka sebaiknya persiapkan sejak jauh-jauh hari. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi