Aneka Makanan yang Wajib Dikonsumsi dan Tak Boleh Dimakan Penderita Cacar Monyet

| 22 Aug 2024 07:00
Aneka Makanan yang Wajib Dikonsumsi dan Tak Boleh Dimakan Penderita Cacar Monyet
Ilustrasi cacar monyet (Freepik/Freepik)

ERA.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melaporkan bahwa cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) sudah menyentuh angka 88 kasus, Sabtu, 17 Agustus 2024. Apabila kamu sudah terlanjur terkena cacar monyet, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Selain ke dokter, penderita hindari beberapa makanan yang justru memperparah gejala penyakit cacar monyet. Berikut ini adalah 5 makanan yang wajib dikonsumsi dan tak boleh dimakan penderita cacar monyet, seperti dilansir dari laman Hindustan Times.

1. Bawang hingga kismis

Menambahkan prebiotik penyembuhan usus dengan mengonsumsi bawang merah, bawang putih, pisang, dan daun bawang karena dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kismis yang direndam dengan dadih, paneer rendah lemak, smoothie bertindak sebagai pendingin.

2. Buah dan sayuran

Makan berbagai warna buah dan sayuran yang dicuci dengan baik untuk menyediakan fitonutrien seperti buah beri, melon, mentimun, bayam, brokoli, persik

3. Makanan berprotein

Tingkatkan asupan makanan protein seperti kedelai, keju cottage, yoghurt, dan kecambah.

4. Air minum dan hindari kopi serta rokok

Air minum dapat membantumu agar tetap terhidrasi dan menghilangkan racun dari tubuh. Tetapi kamu jangan berlebihan mengonsumsi kopi, teh, alkohol, merokok, soda, cola, dan minuman berenergi lainnya yang dapat memperburuk kesehatan. Air kelapa yang lembut sarat dengan mineral serta vitamin penting dapat mendinginkan tubuh serta meningkatkan kekebalan.

5. Hindari makan asin

Hindari makanan asin seperti keripik, makanan instan kemasan, sup siap saji. Selain itu, menghindari makanan pedas seperti cabai, merica yang dapat mengiritasi sistem pencernaan dan sebaiknya tidak dimasukkan dalam menu makanan.

Rekomendasi