Maknai Kemerdekaan kepada Anak, Karina Salim dan Atiqah Hasiholan Ajarakan Bebas Berpendapat

| 16 Aug 2022 13:22
Maknai Kemerdekaan kepada Anak, Karina Salim dan Atiqah Hasiholan Ajarakan Bebas Berpendapat
Keluarga Atiqah Hasiholan (Instagram)

ERA.id - Karina Salim & Atiqah Hasiholan ajarkan merdeka berpendapat pada anak

 

Menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, Karina Salim dan Atiqah Hasiholan mengatakan bahwa mereka sudah mulai menanamkan nilai kemerdekaan berpendapat pada anak sejak dini.

"Kalau nilai kemerdekaannya sih aku di zaman sekarang, parenting zaman sekarang, mencoba mendengarkan pendapat anak supaya mereka merdeka berpendapat," ungkap Karina seperti dilansir dari Antara, Selasa (16/8/2022).

Menurut Karina, di era sekarang ini penting untuk menanamkan pola asuh komunikasi dua arah kepada anak. Dengan demikian, anak-anak dapat berlatih untuk mengambil keputusannya sendiri namun tetap berada di jalur yang tepat.

"Kalau zaman dulu, orang tua itu kan cara parentingnya satu arah ya. Harus nurut, harus ngikutin yang kita mau. Tapi nggak mendengar dari sisi mereka (anak). Jadi pengennya sih parenting yang dua arah supaya mereka merdeka berpendapat dengan keputusannya sendiri asal tetap kita tuntun supaya di jalur yang tepat," kata Karina. 

Di sisi lain, Atiqah Hasiholan juga menerapkan pola asuh yang sama kepada putrinya yang baru berusia 5 tahun. Namun menurutnya, hal tersebut tak hanya berlaku untuk sang anak. Atiqah pun belajar untuk bisa memberikan kemerdekaan pada anaknya dan tak memaksakan kehendak.

"Dalam banyak hal kemerdekaan kalau untuk sekarang ini karena anak saya usia 5 tahun, kemerdekaan itu adalah kemerdekaan untuk diri dia sendiri gitu. Jadi mungkin ini bukan hanya tentang anak saya, tapi tentang saya juga belajar memberikan kemerdekaan pada anak saya," jelas Atiqah

"Nggak harus tentang saya atau maunya saya gitu. Jadi sebenarnya kalau konteksnya tentang menanamkan kemerdekaan pada anak, kayaknya lebih saya yang belajar banyak untuk memberikan kemerdekaan pada anak saya. Tapi tetap terjaga dan di jalur yang baik buat dia," lanjut Atiqah.

Tak hanya itu, di momen menjelang Hari Kemerdekaan, Karina dan Atiqah pun juga turut mengikut sertakan sang anak dalam perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan baik di sekolah atau di lingkungan rumahnya.

"Mengenalkan tentang 17-an juga sih. Aku selalu ngikutin anak aku kegiatannya juga. Kalau nggak yang dekat rumah aku ada organisasi yang suka punya acara-acara 17-an. Jadi selalu ngikutin supaya anakku yang masih balita juga lebih aware apa sih 17 Agustus itu," tutup Karina. 

Rekomendasi