Warna Lilac Cocok dengan Warna Apa? Berikut Penjelasannya

| 23 Aug 2022 00:10
Warna Lilac Cocok dengan Warna Apa? Berikut Penjelasannya
Unsplash

ERA.id - Warna lilac cocok dengan warna apa? Sebelum menjawabnya, yuk kita pahami terlebih dahulu soal dasar-dasar terbentuknya warna tersebut.

Lilac adalah warna yang merupakan bagian dari violet pucat. Warna tersebut mewakili warna rata-rata sebagian besar bunga lilac. Warna Ini juga dapat digambarkan sebagai ungu gelap atau biru muda.

Warna beberapa bunga lilac mungkin setara dengan warna yang ditunjukkan dari beberapa warna bunga lilac hingga merah-violet.

Perlu diketahui, penggunaan warna lilac yang tercatat pertama (sebagai nama warna) bahasa Inggris adalah pada tahun 1775. Selain itu, warna "Lilac" memiliki buku eponymous yang dipublikasikan pada tahun 2018 oleh Penerbit Coloratura.

Apa yang menjadi representasi warna lilac?

Lilac adalah warna serbaguna, dinamai berdasarkan bunga lilac yang disebut fyringia. Ini mirip dengan warna lavender (dengan kode warna #e6e6fa, terbuat dari 90,2% merah, 90,2% hijau, dan 98% biru). Baik lavender dan lilac adalah nuansa ungu dan ungu, tetapi lavender memiliki warna kebiruan, sementara Lilac memiliki warna merah muda.

Teori warna biasanya menggunakan warna lilac dengan estetika yang sensitif, karismatik, penuh kasih sayang, bersemangat bebas, dan tenang. Lilac membawa energi yang kreatif dan memikat, dengan lembut menarik mata pemirsa dengan nuansa tenang dan hampir visioner.

Warna lilac juga salah satu dari dua warna (bersama Gen-Z Yellow) yang mencuri sorotan pada tahun 2018. Pada awal tahun, itu diproyeksikan sebagai warna merah muda milenial yang populer. Namun, lilac seringkali lebih dewasa daripada merah muda muda, dan membawa kesan selamat datang.

Warna Lilac Cocok dengan Warna Apa? Berikut Ide Palet Warna Lilac

Apakah siap menggunakan lilac dalam desain kreatif Anda berikutnya? Pertama adalah pertimbangkan membuat palet warna yang terinspirasi oleh warna lilac! 

  1. Untuk membuat palet matahari terbenam, coba menggabungkan lilac dengan ungu, oranye halus, pink abu -abu, biru tengah malam, merah muda pucat, dan cyan jenuh.
  2. Selanjutnya untuk membuat warna hutan hijau dalam kombinasi dengan lilac, ungu terong, abu-abu logam, dan abu-abu batu tulis akan membuat pelet dengan daya pikat misterius.
  3. Kemudian pasangkan warna lilac dengan kobalt biru, marigold, anggrek kaya, dan bayi merah muda untuk menghasilkan palet permata.
  4. Terakhir untuk mendapatkan perpaduan luhur dari lilac yang modern dan tradisional, Anda dapat membuat dengan paduan violet usang, kuning kunyit yang kaya, semburan biru kerajaan, dan latar belakang oranye yang hangat.
warna lilac dan kuning (okezone.com)

Warna Apa yang Cocok dengan Lilac?

Pada Akhirnya kita ke jawaban di awal pembahasan. Meskipun Anda dapat menggunakan roda warna dengan bantuan panduan teori warna, namun ingat bahwa kadang tren mode diciptakan dari rona pasangan yang secara tradisional tidak bisa bekerja bersama.

Berikut ini ada beberapa pertimbangkan pasangan warna lilac untuk Anda yang berkecimpung di dalam dunia desain Digital:

  1. Warna Kompilemen

Adalah komplementer lilac pada roda warna berwarna kuning. Warna ini adalah kuning dan oranye yang keduanya berpasangan dengan lilac

  1. Warna analog

Pertimbangkan untuk memasangkan warna lilac dengan nuansa biru-ungu atau merah-ungu.

  1. Warna monokromatik

Pilih berbagai nuansa lilac yang tampak lebih pastel, diredam, atau jenuh. Kombinasikan warna lilac dengan ungu tua, indigo atau terong. Anda juga dapat membuat skema warna monokromatik ungu yang keren dengan memasangkan warna lilac dengan magenta, dan periwinkle.

Selain pembahasan dari pertanyaan warna lilac cocok dengan warna apa, simak artikel-artikel menarik lainnya di ERA setiap harinya.

Rekomendasi