Macam-Macam Warna Ungu, Simak Jenis dan Kodenya dalam Artikel Ini

| 07 Jan 2023 18:05
Macam-Macam Warna Ungu, Simak Jenis dan Kodenya dalam Artikel Ini
Ilustrasi Warna Ungu (Foto: Pixabay)

ERA.id - Apakah sudah mengetahui bahwa dalam satu warna terdapat gradasi macam-macam warna dari warna sejenis? Gradasi warna ini menjadikan suatu warna menjadi menarik dan unik. Begitu pula dengan warna ungu, terdapat macam-macam warna ungu. Warna ungu terbilang cukup unik hingga dikenal sebagai “warna janda” di kalangan masyarakat Indonesia.

Ilustrasi warna ungu (Foto: Pixabay)

Berikut ini macam-macam warna ungu beserta nama dan kode warnanya sebagai referensi.

Warna Ungu Standar

Warna Ungu ini sering disebut dengan purple oleh sebagian orang. Warna ungu ini banyak diaplikasikan dalam fashion dan belakangan juga sering digunakan dalam dunia properti sebagai interior rumah dan cat tembok.

Kode Warna Ungu Standar #BF00FF

Warna Ungu Lembayung (Violet)

Warna Violet adalah salah satu jenis warna ungu yang terlihat lebih tua atau gelap dari warna dasarnya. Violet juga banyak digemari oleh pecinta warna ungu. Warna ini dugunakan dalam fashion untuk kesan yang colorful dan mencolok. Violet juga banyak digunakan dalam cat kendaraan.

Kode Warna Ungu Violet #710193

Warna Ungu Muda (Mauve)

Warna ungu ini lebih muda daripada warna ungu standar. Mauve tampak lebih cerah dan sedikit pudar. Gradasi warna ini tampak lebih lembut dan memancarkan kesan lebih lembut pagi penyukanya.

Kode Warna Ungu Muda #AF69EE

Warna Ungu Candy

Warna lain yang cukup popular adalah warna jenis ungu candy atau candy purple.

Di negara luar warna ungu candy ini banyak diaplikasikan dalam dunia otomotif sebagai warna cat pada mobil dengan biaya yang cukup mahal.

Kode Warna Ungu Candy #88598B

Warna Ungu Pastel

Warna ungu pastel adalah bayangan dari warna magenta yang gradasi warnanya terlihat ringan dan lembut. Warna pastel adalah warna yang mengarah ke warna yang lebih mudah dan cerah dari warna dasarnya. Warna ungu pastel ini banyak digunakan dalam fashion baik untuk busana formal, muslimah maupun pakaian santai.

Kode Warna Ungu Pastel #B39EB5

Warna Ungu Lavender

Terinspirasi dari nama bunga lavender, warna ungu lavender merupakan satu dari sekian banyak macam-macam warna ungu yang ada. Warna ini terlihat lebih muda dan juga seringkali digunakan sebagai warna dalam fashion. Penggunaan kata lavender sebagai istilah warna dalam bahasa Inggris tercatat pertama kali dilakukan pada tahun 1705.

Kode Warna Ungu Lavender #E4A0F7

Warna Ungu Elektrik (Electric Purple)

Ungu Elektrik disenangi pecinta warna ungu terang dan colorful. Warna yang merupakan bayangan dari magenta ini terlihat cukup mencolok dengan gradasi warna yang kuat. Warna ini cocok untuk yang ingin tampil berani.

Kode Warna Ungu Elektrik #BF00FF

Warna Ungu Anggur (Grape Purple)

Buah anggur, selain rasanya yang enak juga memiliki warna khas yang menarik. Grape purple terinspirasi dari salah satu jenis buah anggur yang berwarna keungu-unguan. Warnanya terlihat begitu kuat dan gelap sehingga cukup apik untuk dijadikan sebagai salah satu warna kesukaan pecinta ungu.

Kode Warna Ungu Anggur #6F2DA8

Warna Ungu Lollipop

Macam warna ungu ini tampaknya terinspirasi dari permen lollipop. Warna ungu lollipop ini cukup mengingatkan pada warna-warna yang sering dijumpai pada permen dan es krim.

Kode Warna Ungu Lollipop #81007F

Warna Ungu Mulberry

Warna ungu mulbery yang diambil dari nama buah murbei ini memiliki gradasi warna ungu kemerahan. Macam warna ini tampak begitu unik dan berbeda cukup jauh dari beberapa jenis warna ungu sebelumnya.

Kode Warna Ungu Mulbery #4C0121

Warna Ungu Wine

Macam warna ungu kali ini diambil dari nama minuman wine. Warna ungu wine terlihat lebih gelap dan pekat, mungkin karena wine berasal dari hasil fermentasi buah anggur yang dicampur dengan beragam bahan lain sehingga warnanya lebih redup.

Kode Warna Ungu Wine #2C041C

Warna Ungu Plum

Warna ungu gelap kemerahan berikutnya terinspirasi dari warna buah plum yang banyak dibudidayakan di Eropa dan Amerika. Sekilas warna ungunya juga hampir sama dengan warna buah manggis yang ada di negara kita.

Kode Warna Ungu Plum #601A35

Warna Ungu Lilac

Macam warna ungu yang ini bernama ungu lilac yang memiliki gradasi warna cukup terang dan cerah. Warna ungu lilac seringkali digunakan dalam warna kosmetik, seperti eye shadow dan eyeliner.

Kode Warna Ungu Lilac #B65FCF

Warna Ungu Iris

Macam warna ini terinspirasi dari warna bunga iris yang merupakan bunga nasional negara Prancis. Konon katanya bunga iris memiliki ribuan makna yang identik dengan keindahan dan keanekaragaman.

Kode Warna Ungu Iris #9867C5

Demikianlah penjelasan tentang macam-macam warna ungu. Setelah Anda mengetahui semua jenis warna ungu di atas, tentunya Anda tidak akan bingung lagi mengklasifikasi jenis warna ini.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi